Wapres JK : Petik Hikmah dari Musibah Tsunami Aceh

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVA.co.id – Peringatan 12 tahun stunami Aceh digelar warga pada Senin, 26 Desember 2016. Lantunan doa dan zikir terdengar dari masjid dan tempat pemakaman umum tempat korban dikuburkan secara massal.
Warga larut dalam tangis dan doa.

Tsunami Bawa Wabah Jamur Parasit, Indonesia Harus Waspada

Bagi Wakil Presiden Jusuf Kalla, bencana yang menerjang Aceh memang tidak dapat dilupakan. Karena itu, JK berharap kejadian gempa Aceh senantiasa menjadi pelajaran yang sangat berarti untuk segenap masyarakat di Tanah Air.

"Hari Ini #12TahunTsunami Aceh, semoga kita senantiasa memetik hikmah dari musibah yang menyentuh sisi kemanusiaan kita semua," kata JK twitter-nya @Pak_JK, Senin, 26 Desember 2016.

Masuk Museum Tsunami Aceh Kini Bisa Pakai GO-PAY

JK memang akrab di telinga masyarakat bila dikaitkan dengan Provinsi Aceh. Dia adalah orang yang secara intens menangani pemulihan Aceh, pasca gempa dan tsunami. JK juga ikut mengawal perdamaian Aceh, sampai terbitlah perjanjian damai antara separatis Gerakan Aceh Merdeka dengan Pemerintah Indonesia.

12 tahun silam, tepatnya 26 Desember 2004, Gempa besar menggucang Aceh. Tsunami memporak-perandakan Bumi Serambi Mekkah. Ratusan ribu orang menjadi korban, menghancurkan jutaan bangunan dan kendaraan.   

Nasib Gua Jejak Dahsyatnya Tsunami Purba Aceh

Hari itu, Nusantara pada puncak dukanya. Internasional mencatat gempa dan tsunami tersebut merupakan salah satu bencana terdasyat yang pernah terekam alat modern.

Pada 7 Desember 2016, Aceh, kembali digoncang gempa besar, tepatnya di Pidie Jaya. Goncangan sekuat 6,5 skala richter membuat ratusan korban tewas, dan ribuan luka-luka.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berkunjung ke Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh pada Sabtu, 25 Desember 2021.

Ridwan Kamil 'Baper' saat Kunjungi Museum Tsunami Hasil Rancangannya

Ridwan Kamil berkunjung ke Museum Tsunami Aceh di Banda Aceh, yang dia manfaatkan juga untuk bernostalgia dengan bangunan yang didesainnya beberapa tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
26 Desember 2021