Standar Kampus Hijau Gagasan UI Sedot Perhatian Dunia

Pengumuman UI GreenMetric World University Ranking 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

VIVA.co.id – Ajang bergengsi tentang lingkungan hidup yang digagas Universitas Indonesia untuk skala internasional mulai menyedot perhatian dunia. Untuk tahun ini, kompetisi yang dikenal dengan sebutan UI GreenMetric World University Ranking 2016 itu telah diikuti 516 perguruan tinggi.

Inovasi Ramah Lingkungan Bridgestone Tak Hanya Ban Kendaraan

Dan hasilnya, University of California Davis, California, Amerika Serikat menjadi Kampus Hijau Terbaik di dunia. Sedangkan peringkat kedua dan ketiga adalah University of Nottingham, Inggris dan Waganingen University & Research, Belanda. 

“University of California Davis dengan skor 8398 ini memiliki keunggulan pada seluruh kriteria di UI Green Metric sehingga mampu membawanya meraih predikat perguruan tinggi hijau terbaik nomor satu dunia,” kata Rektor UI M. Anis pada wartawan, Jumat, 30 Desember 2016.

Produk Disebut Ramah Lingkungan Jika Ada Label Ini

Dia menjelaskan, universitas tersebut merupakan universitas pertanian terbesar di Amerika Serikat yang menerapkan unsur ramah lingkungan dalam seluruh aspek perkuliahan dan penelitiannya.

“Sedangkan University of Nottingham dengan skor 8079 menunjukkan keunggulannya pada pengelolaan energi yang baik di dalam kampusnya. Kampus ini memiliki sejumlah inovasi untuk menghasilkan renewable energy melalui solar cell, wind turbin dan pengelolaan smart-eco building,” tuturnya.

Studi Baru: Mobil Paling Ramah Lingkungan Bukan EV

Sementara Wageningen University & Research meraih skor 7658 itu merupakan universitas yang memiliki jurusan ilmu lingkungan yang bereputasi tinggi serta sangat berkomitmen kuat untuk menjaga lingkungan kampusnya tetap asri.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkat perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. 

Dari tahun ke tahun, UI mengklaim telah terjadi peningkatan antusiasme peserta perguruan tinggi di dunia untuk berpartisipasi dalam ajang tersebut.

Hal itu dilihat dari peningkatan jumlah peserta UI Green Metric Ranking of World Universities, pada 2016 menjadi 516 peserta dari 74 negara. Partisipasi itu naik dibanding 2015 yang diikuti 407 perguruan tinggi dari 65 negara. 

Terdapat pula beberapa negara yang baru bergabung pada 2016 yaitu Algeria, Bahrain, Finlandia, Honduras, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Selandia Baru, Nikaragua, Nigeria, Norwegia dan Venezuela.

Sedangkan di Indonesia, terdapat 49 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI Green Metric dan tengah mengupayakan kualitas kampusnya melalui pemenuhan indikator UI Green Metric.

 “UI melalui UI GreenMetric konsisten mempertahankan kepeloporannya dalam pemeringkatan UI GreenMetric melalui pengembangan alat ukur kampus hijau yang kini telah banyak diadopsi oleh perguruan tinggi di dunia. UI berbangga hati dapat mengambil peran di dalam mendukung pencapaian pengembangan infrastruktur kampus hijau di dunia sebagai upaya mencetak generasi yang peduli akan keberlanjutan lingkungan hidup,” kata Anis.

Dia berharap, melalui upaya UI GreenMetric ini, perguruan tinggi se-dunia mampu mengambil bagian pada upaya preventif dan kuratif dalam rangka mitigasi dampak perubahan iklim.

“UI terus berupaya untuk membangun generasi yang ramah lingkungan serta menjadi trend setter dalam pemeringkatan di bidang keberlanjutan dan lingkungan hidup di tingkat dunia,” tuturnya.

Sementara itu, untuk tingkat Indonesia, Universitas Indonesia kembali meraih predikat Kampus Hijau Terbaik di Indonesia 2016. Kemudian di peringkat kedua Institut Teknologi Sepuluh November dan Institut Pertanian Bogor pada ketiga. 

Pengumuman dilakukan pada Kamis 29 Desember 2016 di kampus UI Depok yang disaksikan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Dirjen Penelitian Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Dimyati beserta Rektor UI dan Ketua UI GreenMetric Riri Fitri Sari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya