2016, Candi Prambanan Dikunjungi 2,03 Juta Wisatawan

Dua Wisman Jepang di Candi Prambanan, Yogyakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Daru Waskita

VIVA.co.id – Dua wisatawan mancanegara asal Jepang, bernama Tetz dan Hiro serta keluarga Rosa Anisar, wisatawan nusantara, pada Minggu, 1 Januari 2017, di pintu masuk obyek wisata Candi Prambanan mendapat kalungan bunga dan souvenir dari karyawan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, sebagai pengunjung pertama di tahun ini.

Uji Coba Masuk Bali Tanpa Karantina Mulai 14 Maret, Ini Ketentuannya

Pengalungan bunga dan pemberian souvenir bagi pengunjung pertama ini dilakukan oleh Kepala Divisi Operasional Unit Prambanan, Medi, dengan didampingi dua Bergodo (prajurit) Lombok Abang Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, saat pintu obyek wisata dibuka untuk umum pukul 06.00 WIB.

Upacara sederhana ini mengejutkan pengunjung pertama masuk obyek wisata candi, karena para wisatawan ini sama sekali tidak menyangka bakal mendapat sambutan dan penghargaan dari pihak pengelola Candi Prambanan. Rasa haru pun keluar dari wajah dua wisatawan asing Jepang dan keluarga Rosa Anisar.

Satpol PP DI Yogyakarta: Kepatuhan Wisatawan Pakai Masker Rendah

''Kami terharu dengan sambutan ini. Kami tidak menyangka bakal mendapat sambutan ramah seperti ini," kata Hiro dan Tetz.

Medi mengatakan tahun lalu merupakan tahun baik bagi obyek wisata Candi Prambanan, karena selama satu tahun jumlah kunjungan wisatawan mencapai 2,03 juta. Jumlah kunjungan ini, menurut Medi, merupakan yang terbanyak.

Viral! Pengakuan Pasangan Ditipu Agen Wisata Labuan Bajo

"Untuk tahun ini kami belum tahu targetnya berapa. Tapi biasanya target itu naik 10 persen dari jumlah kunjungan sebelumnya,'' katanya, Senin, 2 Januari 2017.

Sedangkan, mengenai harga tiket naik atau tidak tahun ini, pihaknya juga belum tahu karena itu merupakan keputusan manajemen. Hingga kini harga tiket masuk masih Rp30 ribu.

Ilustrasi jenazah

4 Wisatawan yang Terseret Air Bah di Baubau Ditemukan Meninggal

Empat dari tujuh wisatawan lokal terseret air bah di Sungai Karing-karing Baubau ditemukan meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2022