Pendaki Surabaya dan Palembang Tersesat di Semeru

Seorang pelintas dengan latar belakang Gunung Semeru.
Sumber :
  • VIVA.co.id / SIti Ruqoyah

VIVA.co.id - Tiga pendaki dilaporkan hilang setelah tersesat di Gunung Semeru, Jawa Timur. Mereka diketahui bernama Joko Rubianto, warga Surabaya, dan Charles serta Abdul Rohman, warga Palembang, Sumatera Selatan.

Waspada, Gunung Semeru Erupsi Lagi dengan Letusan Setinggi 700 Meter

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS), Antong Hartadi, membenarkan kabar itu. "Betul tiga pendaki tersesat saat mendaki Semeru. Ini saya lagi tunggu info dari Pos Ranupani," katanya pada Selasa, 3 Januari 2017.

Ketiga pendaki itu tidak sampai ke puncak Mahameru atau puncak Gunung Semeru. Sebab terkendala cuaca buruk. Kabut tebal dan hujan deras membuat mereka mengurungkan niat ke puncak Mahameru.

Semeru Erupsi dengan Letusan Setinggi 1,2 Km, Masyarakat Diimbau Hindari Sektor Tenggara

Sepuluh petugas SAR gabungan sedang dalam perjalanan mencari tiga pendaki itu. "Proses evakuasi saat ini masih berjalan. Sementara masih menunggu kabar dari Pos Ranupani," ujar Antong.

Ketiga pendaki itu mulai mendaki ke Gunung Semeru sejak 31 Desember 2016. Pendakian Gunung Semeru rencananya ditutup pada Kamis, 4 Januari 2017. Penutupan Gunung setinggi 3.676 meter di atas permukaan laut itu untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Gunung Semeru Erupsi Tiga Kali, Masyarakat Diingatkan Bahaya Lontaran Batu Pijar
Gunung Semeru yang terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Semeru di Lumajang.

Gunung Semeru Kembali Erupsi, Petugas Pengamatan: Durasi 118 Detik

Gunung Semeru masih berstatus siaga atau level III.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024