Sempat Kena Badai, Kapal Pesiar Eropa Tiba di Tanjung Emas

Menteri Pariwisara Arief Yahya
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Sebuah kapal pesiar asal Eropa bernama Cruises MV Seabourn Encore akhirnya tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa, 10 Januari 2017.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

Kapal yang membawa 500 turis asing itu sebelumnya sempat terkendala angin kencang akibat cuaca buruk saat hendak menuju Dermaga Samudera 01 Pelabuhan Tanjung Emas.

"Kapal dengan berat 40.350 GRT ini sempat berhenti beberapa saat di tengah laut, sambil menunggu cuaca bersahabat," kata Humas Pelindo III Semarang Ragil Septiani.

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

Karena itu, kedatangan kapal pesiar tersebut mengalami keterlambatan hingga dua jam, dari semula dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB, menjadi pukul 10.00 WIB.

"Kapal akhirnya bersandar dengan mulus di dermaga setelah dibantu tim Pandu Pelindo III," kata Ragil.

Gerakan Muslim Jawa Tengah Dukung Sudaryono Jadi Cagub Jateng

General Manager Pelindo III Semarang, Agus Hermawan menambahkan, sebanyak 500 turis asing itu berasal dari berbagai negara di Eropa dan menjadi kapal pesiar pertama yang bersandar di tahun 2017. Sebelum di Semarang, mereka telah mengisi liburannya di Singapura.

"Ini kapal pesiar yang singgah perdana. Kemudian nanti di bulan Februari akan ada tiga kapal pesiar lagi yang bersandar," kata Agus.

Kedatangan para turis asing itu pun disambut meriah oleh pihak Pelindo III dan sejumlah pegawai Dinas Pariwisata Jawa Tengah. Mereka juga disambut dengan kebudayaan tarian lokal Semarang, Gambang Semarang oleh sejumlah penari wanita.

Para turis juga antusias saat diajak menari bersama serta dikalungi karangan bunga. "Saya sangat menikmati tarian ini. Apalagi diajak menari bersama. “Its good, very comfort in here," ujar Anastasia, salah seorang wisatawan asal Norwegia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya