Kapolri Tantang Semua Polisi Kejar Prestasi

Kapolri Jenderal Tito Karnavian.
Sumber :
  • Bayu Nugraha

VIVA.co.id – Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap anggota Polda Metro Jaya dan jajarannya atas keberhasilan mereka mengungkap kasus perampokan di Pulomas, Jakarta Timur yang terjadi pada 26 Desember 2016 lalu. Enam korban meninggal dalam kejadian perampokan itu.

Polda Metro Jaya Gelar Pemutihan SIM

Atas kerja tim mengungkap kasus perampokan itu, Tito memberikan penghargaan kepada 87 orang polisi. Baik di tingkat perwira menengah maupun bintara. Pemberian penghargaan ini karena dirinya menganggap pengungkapan kasus ini sangat luar biasa dan sudah menjadi permasalahan secara nasional.

"Saya anggap ini satu prestasi yang luar biasa. Karena mengungkap satu kasus besar dan jadi trending topic nasional itu kasus," kata Tito usai pemberian penghargaan di Mapolda Metro Jaya, Rabu, 18 Januari 2017.

Syarat Iran Tak Jadi Serang Israel, Kisah Penyamaran Intel Kopassus hingga Sopir Bus Positif Narkoba

Ia pun menuturkan, dirinya yang lama berkecimpung di dunia reserse tahu bagaimana penyidik memiliki tekanan yang luar biasa dalam mengungkap sebuah kasus.

"Saya juga bisa rasakan tekanan psikologis yang dialami bapak Kapolda. Dan saya sendiri sama, saya juga alami tekanan psikologis yang sama. Masyarakat mengalami public out cry artinya kemarahan publik pada pelaku. Kesedihan yang luar biasa karena korban cukup banyak ditambah lagi tuntutan pada negara yang direpresentasikan pada Polri sebagai penegak hukum untuk lakukan pengungkapan dan penegakan hukum," ujarnya.

Arus Balik Lebaran, Polda Metro Siapkan Contraflow Tol Dalam Kota

Untuk itu, sesuai prinsip, dirinya akan memberikan reward (penghargaan) dan punishment (hukuman) yang harus diterapkan secara konsisten untuk membentuk iklim kompetisi yang sehat untuk saling berprestasi. 

"Nah reward ini diberikan dalam bentuk sertifikat pada anggota sekaligus upacara. Saya sampaikan kepada Kapolda supaya kalau mereka mau sekolah atau akan ada promosi saya akan berikan perhatian," katanya.

Kapolri juga berharap, dengan pemberian penghargaan ini, anggota Kepolisian dari Sabang sampai Merauke dapat melihatnya dan berkompetisi untuk selalu berprestasi.

"Saya tantang pada seluruh jajaran Polri. Bagi mereka yang punya prestasi tingkat nasional, saya akan datang. Saya datang kemarin ke Cimahi, saya datang sekarang ke Polda Metro Jaya. Tapi saya akan datang juga ke pedalaman Papua Kalimantan, Natuna, Aceh dan lainnya kalau memang ada anggota yang punya prestasi nasional dan mengabdi dengan baik pada masyarakat. Saya akan datang dan berikan penghargaan," katanya berjanji.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya