Bisnis Narkoba di Rutan Cilodong Akhirnya Terbongkar

Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin, saat mengungkap kasus narkotika 20 kg jaringan Rutan Cilodong di Mapolda Jatim, Surabaya, Jumat 3 Februari 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Dua petugas sipir Rumah Tahanan Cilodong di Depok dicokok aparat setelah ketahuan terlibat pengendalian bisnis narkoba jenis sabu-sabu di dalam penjara. Kuat dugaan, jaringan ini merupakan pemasok narkoba lintas provinsi.

Warga Pontianak Nekat Selundupkan Sabu Didalam Boneka ‘Hello Kitty’

Masing-masing sipir ini bernama Yanto dan Rian. Mereka dibekuk secara terpisah dan ketahuan memegang sabu-sabu seberat dua kilogram. Dan selanjutnya terbongkar lagi di tempat penyimpanan keduanya seberat 17 kilogram.

Penangkapan dua sipir ini, bermula dari tertangkapnya seorang pengedar sabu bernama YN (41) di Surabaya. Saat itu ada sabu-sabu seberat 1 kilogram yang berhasil diamankan Kepolisian Daerah Jawa Timur.

Dilaporkan Hilang, Seorang Pria Ditemukan Tewas Dicor Dalam Rumah di Cimahi

Dari itulah kemudian penyelidikan berkembang, sehingga munculah nama FL, narapidana di Rutan Cilodong. Dan kemudian berlanjut lagi ke nama dua sipir tersebut.

"Jadi total barang bukti yang kami amankan dari jaringan ini 20 kilogram," kata Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Machfud Arifin, Jumat 3 Februari 2017.

BMKG: Potensi Hujan Badai Disertai Petir di DKI Jakarta

Diduga, jaringan pengedar narkoba yang digawangi oleh dua sipir Rutan Cilodong itu merupakan pemasok narkoba lintas provinsi. Sejumlah wilayah diketahui sudah menjadi sasaran pasar barang haram tersebut oleh kelompok ini.

"Depok [Jawa Barat], Surabaya [Jawa Timur], Kalimantan Barat dan beberapa provinsi lainnya," kata Machfud. "Kami duga ini jaringan internasional. Kami masih lakukan pengembangan." (ren)

Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk

Peneliti sustainability Sigmaphi Indonesia, Gusti Raganata secara khusus meminta Pemerintah Kota Bekasi untuk memiliki komitmen tinggi dalam proyek pengelolaan sampah men

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024