Pembalap Liar Surabaya Dibuatkan Sirkuit di Gelora Bung Tomo

Ilustrasi/Aksi balap liar.
Sumber :
  • Capture Youtube.

VIVA.co.id – Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, tengah membangun sirkuit balapan di Gelora Bung Tomo. Ditarget selesai tahun ini, sirkuit tersebut diharapkan mampu meminimalisasi aksi kebut-kebutan para pembalap liar di jalanan Kota Surabaya.

Tertarik Punya Motor Kencang Ducati Panigale V4 R, Segini Harganya

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, M Afghani Wardhana mengatakan, tahun lalu pihaknya telah menyelesaikan pembangunan lintasan jalur lurus balapan atau drag race di GBT. Tahun ini, fasilitas balapan itu akan disempurnakan dengan adanya sirkuit. 

"Kami mulai (pembangunan sirkuit) dari sisi selatan (GBT) dulu. Diperkirakan sirkuit ini sembilan bulan selesai," kata Afghani di kantor Pemkot Surabaya, Jawa Timur, pada Senin, 6 Februari 2017. 

Gubernur NTB: Sirkuit MXGP Mulai Dikerjakan Bulan Ini

Amggaran sebesar Rp28 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, disiapkan pemkot untuk pembangunan sirkuit GBT sampai rampung. 

Afghani optimistis, sirkuit tersebut nantinya akan mampu mencegah atau setidaknya memperkecil aksi kebut-kebutan di jalan raya Kota Surabaya. 

Persiapan Maksimal Rifat Sungkar Jelang Asia Cross Country Rally

"Anak muda yang suka balapan akan tertarik ikut latihan resmi di sirkuit," ungkapnya. 

Sejauh ini, lanjut Afghani, Dispora bersama Satuan Polisi Pamong Praja masih intensif melakukan pendekatan persuasif kepada anak-anak muda dan warga ketika terjaring razia balap liar. Mereka diarahkan agar menyalurkan bakatnya ke dunia balap profesional.

"Kalau ada warga masyarakat yang punya bakat di bidang otomotif dan ingin berlatih di lintasan GBT, dengan senang hati kami fasilitasi. Apalagi, ini masih gratis karena belum ada Perda (peraturan daerah)-nya. Kalau sudah ada Perda-nya, tentu akan ada retribusi," kata Afghani. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya