Cegah Napi Plesiran, DPR Usul Gaji Sipir Dinaikkan

Ilustrasi napi di penjara.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Kenaikan gaji sipir dinilai perlu dilakukan, untuk mencegah adanya kongkalikong antara sipir dengan narapidana untuk bisa keluar sementara dari penjara. Karenanya, pemerintah diminta untuk memperhatikan kesejahteraan sipir di Lembaga Pemasyarakatan.

Pemobil Fortuner Diperintah Sang Kakak Buang Pelat TNI di Lembang, Polisi Turun Tangan

Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi III DPR Supratman Andi Agtas terkait, dengan adanya dugaan tiga narapidana kasus korupsi yang pelesiran ke luar penjara Lapas Kelas I Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Kesejahteraan sipir di lapas itu perlu mendapat perhatian. Karena, mereka garda terdepan untuk melaksanakan sebuah putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," kata Supratman di DPR, Jakarta, Selasa 7 Februari 2017.

Ammar Zoni Tak Dijenguk Keluarga Satu Pun saat Lebaran

Tak hanya itu, pembangunan lapas baru untuk memudahkan pengawasan narapidana pun diperlukan. Sebab, dinilainya, saat ini kondisi lapas di Indonesia melebihi kapasitas yang diperlukan.

"Sudah tidak layak untuk sebuah lapas. Karena itu, perlu dibangun lapas yang baru supaya pengawasan lebih mudah," kata Supratman.

Nodai Gadis Belia hingga Hamil, Guru SMP di Pontianak Dijebloskan ke Penjara

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan Direktur Jenderal Pemasyarakatan I Wayan K. Dusak pun diminta untuk menindak tegas oknum yang terlibat dalam membantu narapidana berplesiran. (asp)

VIVA Militer: Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir

Atasi Masalah Kepadatan di Penjara, Israel Usulkan Hukum Mati Tahanan Palestina

Menteri Keamanan Israel, Itamar Ben-Gvir mengatakan bahwa menerapkan hukuman mati kepada tahanan Palestina adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah kepadatan penjara.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024