Polisi Tegaskan Tak Ada Kriminalisasi Terkait Bachtiar Nasir

Ustaz Bachtiar Nasir (ketiga dari kiri) penanggungjawab aksi 4 November 2016.
Sumber :
  • VIVA/Irwandi

VIVA.co.id – Markas Besar Polri menegaskan tak ada kriminalisasi terhadap Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustaz Bachtiar Nasir, terkait pengusutan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang Yayasan Keadilan Untuk Semua.

Masih di Arab Saudi, Bachtiar Nasir Tak Datang Jadi Saksi Eggi Sudjana

Sebab dalam proses pengusutan kasus yang dilakukan polisi adalah berdasarkan adanya sumber informasi dari masyarakat yang dilaporkan.

"Ada pelapor, ada bukti, ada keterangan ahli dan laporan tersebut dikatakan memang pasal yang ditunjukkan konstruksi hukumnya masuk, itu proses rangkaian hukum," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Pol Rikwanto, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis, 9 September 2017.

Bachtiar Nasir dan Kivlan Zen Jadi Saksi Kasus Eggi Sudjana

Menurut Rikwanto, dalam pengelolaan Yayasan Keadilan untuk Semua, diduga ada penyimpangan dana. "Diduga penyalahgunaan masalah pengumpulan dana dikaitkan dengan rekening yayasan," ujarnya.

Sementara Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Agung Setya, menuturkan, pengusutan perkara ini berdasarkan adanya laporan, salah satunya dari Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Bahkan, kata Agung, polisi juga telah mengantongi sejumlah barang bukti perihal perkara tersebut.  

Ustaz Bachtiar Nasir akan Diperiksa Terkait Kasus Egi Sudjana

"Kami tahu ada penghimpunan dana dari umat ya. Kami sedang pastikan bahwa penyimpangan penggunaan dana itu kita sedang proses," kata Agung Setya.

Pengusutan perkara ini terkait adanya laporan polisi nomor LP/123/II/2017/Bareskrim pada tanggal 6 Februari 2017 serta surat perintah penyidikan nomor SP.sidik/109/II/2017/Dit Tipideksus. (one)

Ustaz Bachtiar Nasir

Polri Yakin Bachtiar Nasir akan Datang Penuhi Panggilan

"Insya Allah dia paham betul prinsip-prinsip negara hukum."

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2019