FPI Jawa Tengah Klaim Kirim Ribuan Orang untuk Aksi 112

Aksi Damai 212 di Monas
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Laskar Front Pembela Islam (FPI) Jawa Tengah mengklaim mengirimkan ribuan orang untuk aksi damai di Jakarta pada 11 Februari 2017. Massa itu berangsur-angsur berangkat ke Ibu Kota.

Balon Udara Muncul di Ketinggian 9.000 Feet, AirNav Semarang Minta Pilot Waspada

Ketua Tim Advokasi FPI Jateng, Zaenal Abidin Petir, menyebut massa berasal dari Solo, Semarang, Tegal, Rembang, Banyumas, Purwokerto, Pekalongan, Kendal, Boyolali, dan Sukoharjo.

"Sebagian sudah berangkat naik kereta, pesawat, dan mobil. Untuk hari ini, sisanya baru berangkat. Ada ribuan," kata Zaenal di Semarang pada Jumat, 10 Februari 2017.

Wisatawan di Kota Semarang Capai 350 Ribu Orang Saat Libur Lebaran, Kota Lama Terbanyak Dikunjungi

Dia tak mau menyebut jumlah massa secara spesifik agar situasi pada aksi damai 2 Desember 2016 terulang pada 11 Februari 2017. Khususnya terkait razia Kepolisian bagi massa yang berangkat ke Jakarta.

Berbeda dengan aksi sebelumnya, pola mobilisasi massa aksi tidak terbuka. Paling banyak mereka menyewa kendaraan pribadi untuk pergi ke Jakarta. Dia mencatat sedikitnya 250 mobil pribadi digunakan massa untuk berangkat ke Jakarta. Mereka tak hanya massa FPI tapi juga perwakilan sejumlah ormas Islam.

TPP ASN Pemkot Semarang Akan Dipotong 15 Persen per Hari jika Bolos Usai Lebaran

Ia mengatakan, aksi pada esok pagi memang untuk menyikapi kegaduhan politik akibat kasus penistaan agama oleh Gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Namun dia berpendapat aksi itu tidak melanggar hukum. Aksi itu sah dilakukan setiap orang untuk menyampaikan aspirasi mereka sebagai warga negara. (ase)

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

Kanigoro Network meluncurkan hasil survei terbarunya tentang tokoh-tokoh potensial di Pilgub Jawa Tengah 2024.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024