Presiden PKS Jagokan Mantan Menteri SBY Menangi Pilkada

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Presiden Partai Keadilan Sejahtera Mohamad Sohibul Iman, optimistis dua kadernya memenangi dua pilkada di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Brebes dan Kota Salatiga, pada 15 Februari 2017.

100 Kilometer Jalan di Jateng Rusak karena Banjir, Perbaikan Dikebut hingga H-7 Lebaran

"Ada dua kader kami yang menjadi calon kepala daerah, di Brebes sebagai calon bupati dan di Salatiga sebagai calon wakil wali kota. Keduanya kami target menang," kata Sohibul di Semarang pada Jumat, 10 Februari 2017.

Satu kader PKS yang maju di Pilkada Kabupaten Brebes adalah tokoh nasional yang juga mantan Menteri Pertanian Suswono. Sebagai orang yang pernah malang melintang di perpolitikan nasional, Suswono dianggap layak memimpin daerah paling barat Jawa Tengah itu.

Tolak Pengesahan UU DKJ, PKS Bilang Gedung DPR Belum Dibangun di IKN

"Pak Suswono selalu konsen pada perkembangan Brebes, keluarga besar banyak di sana, jadi turun ke daerah, sekaligus bentuk pengabdian," ujar Sohibul. 

Suswono adalah Menteri Pertanian periode 2009-2014 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Di Pilkada Brebes, ia berpasangan dengan Ahmad Mustaqim serta diusung dua partai, yakni PKS dan Partai Gerindra.

Waduh, Polda Jateng Amankan 1.904 Pelaku Perzinahan Selama Ramadhan

Sohibul berharap Suswono mengikuti sukses kader lain PKS, seperti Nur Mahmudi Ismail, Menteri Kehutanan dan Perkebunan Indonesia tahun 1999-2001 yang kemudian menjadi Wali Kota Depok pada periode 2006-2011 dan 2011-2016.

"Tradisi PKS, seorang yang pernah menjabat sebagai tokoh nasional sudah terbiasa jika diminta untuk berpartisipasi di tingkat lokal. Ini sebagai cerminan partai membangun daerah," ujarnya.

Di Pilkada Kota Salatiga, PKS mengusung kadernya, Muhammad Haris, sebagai calon wakil wali kota mendampingi calon petahana Yulianto. Sohibul pun yakin pasangan dengan jargon Yaris itu memenangi Pilkada pada 15 Februari nanti.

Selain Pilkada Brebes dan Salatiga, PKS juga menargetkan memenangi pilkada di Kabupaten Pati, Cilacap, dan Banjarnegara. Namun PKS hanya sebagai pengusung calon dari partai lain pada tiga pilkada itu.

Tujuh daerah di Jawa Tengah menggelar pilkada secara serentak pada 15 Februari 2017, antara lain, Kota Salatiga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Batang, Kabupaten Jepara, Kabupaten Pati, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Brebes.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya