5 Hari Lagi Pilkada, Laman KPU Kota Yogya Diretas

Ilustrasi/peretas
Sumber :

VIVA.co.id – Lima hari menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2017, laman resmi milik Komisi Pemilihan Umum Kota Yogyakarta, www.kpu-jogjakota.go.id, diretas.

Relasi Kuasa, Sex, dan Abuse of Power di KPU

Peretasan oleh hacker yang mengaku bernama Gadjah Mada Clown Hacktivism Team ini diduga terjadi selama 12 jam.

“Saya juga baru tahu pagi ini. Ini kejadian peretasan pertama terhadap laman kami. Biasanya, jika laman tidak bisa dibuka, maka sedang dalam maintenance," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta, Wawan Budiyanto, Jumat 10 Februari 2017.

Calon Anggota KPU-Bawaslu Wajib Tes PCR 2 Kali Sebelum Uji Kelayakan

Menurut Wawan, laman KPU Kota Yogyakart yang diretas ada pada beranda halaman, yang biasanya menampilkan informasi dan agenda kegiatan terkait penyelenggaraan Pemilu. Tampilan di laman itu berubah dan hanya memunculkan gambar kepala badut dengan latar belakang berwarna hitam.

Peretas, kata Wawan, menyampaikan pesan yang mempertanyakan peran KPU di Yogyakarta, karena di DIY yang dipimpin Sri Sultan HB X sebagai Gubernur, tidak perlu ada pemilihan Kepala Daerah.

DPR Gelar Uji Kelayakan Calon Anggota KPU-Bawaslu pada 14-17 Februari

Wawan mengatakan, unggahan terakhir di laman tersebut adalah informasi mengenai ketersediaan dan kesiapan logistik Pilkada Kota Yogyakarta.

Ia menyebutkan, selama diretas KPU Kota Yogyakarta memanfaatkan berbagai sarana lain untuk menyampaikan informasi, di antaranya menggunakan media sosial twitter, instagram dan facebook serta bahkan di blogspot.

"Kini telah diperbaiki dan sudah bisa diakses lagi," katanya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya