Bandara Lombok Diresmikan Desember 2009

VIVAnews - Bandar Udara Internasional Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) segera di resmikan, tepatnya tanggal 17 Desember 2009. Menteri Perhubungan Djusman Syafi'i Djamal mengatakan itu saat meninjau proses pembangunan bandara.

"Saya gembira melihat kondisi Bandara Internasional Lombok terutama tata ruangnya, yang sudah siap difungsikan," kata Djusman saat menggelar koordinasi persiapan arus mudik di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur NTB kemarin.

Dalam kesempatan itu Djusman menyatakan pembangunan bandara internasional tersebut berlangsung lancar tanpa hambatan, dan rencananya akan di luncurkan pada 17 Desember 2009.

Lebih lanjut dia menegaskan keberadaan Bandara Internasional Lombok dapat membantu kelancaran arus transportasi udara pada 2010 mendatang.

Bahkan Bandara dengan luas 551 hektar itu diperkirakan dapat menampung pesawat Singapura  Airbas A 380. Saat ini pesawat Singapura itu menurut Menhub bisa mendarat di dua bandara yakni Bandara Ngurah Rai Denpasar dan Soekarno Hatta Cengkareng.

Hanya saja Bandara yang memiliki Panjang runway 2750 meter dengan lebar 45 meter pada tahap pertama itu perlu dilengkapi alat keselamatan darurat. Tidak hanya itu dibutuhkan perlebaran jalan hingga 7 meter pada jalur masuk menuju Bandara.

"Memang masih ada yang kurang seperti penyelesaian terminal. Tapi yang penting juga pohon-pohon besar yang terdapat dipinggir jalan," ujarnya.

Pembangunan Bandara Internasional Lombok tersebut didukung dengan anggaran sebesar Rp 802 miliar. Diharapkan pengerjaan proyek Bandara tersebut dapat rampung awal tahun 2010 mendatang.

Djusman menilai pemilihan lokasi Proyek Bandara itu sangat tepat sehingga mudah diakses dari berbagai rute di NTB.  

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Muncul Wabah Langka dan Mematikan di Jepang, 21 Orang Meninggal
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie

Indonesia Wins Two Champion Titles at 2024 All England

Indonesia won the most titles at All England 2024. Two titles were obtained following the success of Jonatan Christie and Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024