INDONESIA HARI INI

14-02-1945: PETA Berontak ke Jepang, Perjuangkan Kemerdekaan

Cerita Goresan Juang Kemerdekaan Indonesia Pada Lukisan
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA.co.id – Pada hari ini, 14 Februari tahun 1945 silam, dicatat sebagai tanggal lahir Pasukan Pembela Tanah Air (PETA). Pasukan ini, merupakan kesatuan militer dan dibentuk Jepang pada saat pendudukan di Indonesia tanggal 3 Oktober 1943.

Rayakan HUT ke-76 Kemerdekaan RI, Astra Gelorakan #SemangatSalingBantu

PETA awalnya didirikan untuk kepentingan Jepang. Namun, pemberontakan tentara PETA di Blitar pada 14 Februari 1945, akhirnya menjadi titik balik sebagai tentara yang justru melawan penjajah Jepang.

Dengan perubahan arah perjuangan PETA, lantas tanggal 14 Februari oleh sebagian kalangan dianggap sebagai hari lahir PETA yang sesungguhnya.

Hari Pahlawan, Megawati Minta Santri dan Milenial Jaga Kemerdekaan RI

PETA dipimpin oleh Supriadi dan kontribusi PETA dalam sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia kemudian dicatat dari masa ke masa.

Setelah melawan Jepang, PETA juga tak lagi bersemboyan membela Indonesia dari serangan blok sekutu. Namun, membela Indonesia dari penjajahan siapa pun.

Spesialis Runner Up, 'Warisan' Belanda untuk Timnas Indonesia

Beberapa tokoh yang sempat bergabung bersama PETA antara lain Presiden ke-2 Indonesia Soeharto. Sementara itu, untuk mengenang sumbangsih PETA, didirikan monumen PETA pada 18 Desember 1995 di Bogor yang merupakan markas besar PETA pada masa lalu. (asp)

Proklamasi kemerdekaan, penanda mulainya

5 Negara Pertama yang Akui Kemerdekaan Indonesia, Mana Saja?

Menjelang HUT RI ke-76, yuk simak kilas balik deretan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Negara mana saja?

img_title
VIVA.co.id
16 Agustus 2021