Kalah di DKI, AHY Maju Pilkada Jatim?

Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono beserta Agus Harimurti Yudhoyono (tengah).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sudah mengakui kekalahannya dalam proses hitung cepat sementara Pilkada DKI 2017, Rabu, 15 Februari 2017.

SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya

Sejalan dengan itu, berembus isu bahwa putra sulung Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu akan melenggang ke Pilkada Jawa Timur pada 2018.

Isu ini sejatinya sudah beredar sejak pekan lalu, dan dikaitkan dengan tanah kelahiran SBY yang memang berasal dari Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Prabowo Kenang Kebersamaan dengan SBY di Akmil, Sempat Digembleng Sarwo Edhie

Dalam kabar yang beredar bahwa suami Annisa Pohan itu disebut-sebut bakal diusung oleh partai yang dibesarkan oleh ayahandanya, Partai Demokrat. Meski begitu, isu ini masih ditanggapi dingin oleh DPD Partai Demokrat setempat.

"Proses penjaringan baru akan dimulai Juni nanti," kata Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Timur, Renvile Antonio, Kamis, 16 Februari 2017.

Kenang Kebersamaan dengan SBY di Akmil, Prabowo: Beliau Terbaik, Saya Taruna Nakal

Renvile menuturkan, penyaringan nama calon Pilkada Jatim dilakukan Demokrat dengan cara, salah satunya, survei. Kata Renvile, tidak menutup kemungkinan nama AHY juga masuk dalam daftar survei nanti. "Prinsipnya, semua warga negara punya hak untuk dicalonkan," ujarnya.

Di tempat terpisah, tokoh yang santer disebut bakal maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, merespons santai ketika ditanya soal isu pencalonan AHY di Pilkada Jatim nanti. "Kalau beliaunya maju di Pilgub Jatim, bagus itu," katanya seusai menghadiri acara orasi kebangsaan oleh Forum Kebangsaan di Surabaya.

Gus Ipul mengaku hingga saat ini masih belum memiliki kendaraan partai satu pun untuk maju di Pilkada Jatim. Dia optimistis bakal menemukan partai yang akan mengusungnya nanti. "Kalau dilamar belum. Tapi kalau komunikasi dengan semua partai sudah dilakukan sejak jauh hari," ujar Wakil Gubernur Jawa Timur dua periode itu. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya