Katulampa Siaga Tiga, Warga Jakarta Diminta Waspada

Bendungan Katulampa siaga satu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Kawasan Puncak Bogor Jawa Barat diguyur hujan deras pada hari ini 7 Maret 2017. Akibat hal itu update terakhir yang diperoleh, Bendungan Katulampa masih dinyatakan siaga tiga. Status ini bertahan sejak pukul 17.30 WIB.

Bendungan Katulampa Kering, Air Diprioritaskan untuk Pertanian

"Masih siaga tiga, dengan ketinggian air 100 sentimeter. Jam 21.00 WIB ini," kata penjaga Bendungan Katulampa, Andi Sudirman ketika dihubungi VIVA.co.id, Selasa 7 Maret 2017.

Dengan status siaga tiga ini, maka warga diimbau untuk berhati-hati, khususnya warga di bantaran Sungai Ciliwung. Apalagi, kata dia, jika Jakarta juga diguyur hujan lokal.

BPBD DKI Ungkap Wilayah Terendam Banjir di Jakarta, Bendungan Katulampa Masih Siaga 3

"Kategorinya waspada, harus hati-hati. Belum kita monitor di Jakarta hujan lokal apa enggak. Kalau iya berarti harus siaga untuk warga Jakarta, khususnya untuk warga di bantaran Ciliwung," ujar Andi.

Menurut Andi, air kiriman sekitar 161 ribu liter air per detik debit air sungai Ciliwung ini bisa tiba di Jakarta dalam beberapa jam ke depan. 

Banjir di Jaktim Ada di 4 Lokasi, Paling Tinggi di Kramat Jati

"Menempuh sekitar 12 jam lah," ujarnya. (mus)

Akibat curah hujan yang tinggi di wilayah Puncak, Kabupaten Bogor, debit air semakin tidak tertahan dan membuat salah satu pintu Bendung Katulampa, Kecamatan Bogor Timur jebol pada Jumat 5 April 2024.

Hujan Deras di Bogor, Satu Pintu Bendungan Katulampa Jebol

Salah satu pintu Bendungan Katulampa yang berada di tengah jebol akibat terhantam aliran air yang deras.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024