Berapa Bujet Presiden Jokowi saat Bagi Hadiah Sepeda?

Sepeda dari Presiden Jokowi.
Sumber :
  • Biro Pers Setpres

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan di daerah maupun keluar negeri selalu menghadiahi masyarakat yang mau tampil ke depan panggung dengan sebuah sepeda. Setiap masyarakat yang berhasil menjawab tantangan selalu dijanjikan hadiah tersebut.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Seperti halnya Presenter Choky Sitohang saat menjadi pembawa acara sosialisasi akhir tax amnesty di JIExpo Kemayoran 28 Februari 2017, sempat mengutarakan candaannya "Sana ambil sepedanya". 

Kalimat itu yang selalu diutarakan Jokowi, saat berkunjung ke daerah dan menggelar kuis kepada peserta yang hadir. Terhadap ucapan Choky itu, Jokowi kemudian memberikannya kuis dan berhasil dijawab. 

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

"Ya sudah ambil sepedanya di Istana," kata Jokowi saat itu, seperti siaran pers Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Jumat 10 Maret 2017.

Benar saja, Kamis 9 Maret 2017 kemarin sore, Choky ke Istana dan mendapatkan sepeda seperti yang dijanjikan itu. Ia bahkan memamerkan sepeda pemberian orang nomor satu di Indonesia itu. "Saya pikir bercanda doang," katanya.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

Presenter Choky Sitohang saat mengambil hadiah sepeda di Istana Presiden.

Kemudian, Pada 26 Februari, saat Jokowi mengunjungi Australia, juga sempat dibuka sesi kuis menjawab pertanyaan Presiden. Saat itu Jokowi menghadiri acara bertajuk Temu Masyarakat Indonesia dengan Pak Jokowi dan Ibu Iriana di Darling Harbour Theatre, Sydney.

Dua orang yang beruntung, Muhammad Izzuddin Kurnia Adi atau yang biasa disapa dengan Mika, salah satu mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh program S2 di Australia, dan juga Ibu Wetyowati Rahardja, seorang warga negara Indonesia yang menetap di Sydney.

"Dayak, Badui, Jawa, Bugis, Batak, Sunda, Betawi," jawab Mika untuk kuis yang diberikan Jokowi. Saat itu, ia mengaku grogi bertemu langsung Presiden.

Sementara Ibu Wetyowati, menjawab nama-nama provinsi yang ada di luar Jawa. Keduanya dijanjikan langsung oleh Jokowi, akan mendapatkan sepeda, seperti warga negara yang lain yang telah mendapatkan.

Melalui sebuah acara sederhana di Konsulat Jenderal Republik Indonesia untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia yang berkedudukan di Sydney pada Kamis, 9 Maret 2017, hadiah sepeda tersebut kemudian diserahkan kepada keduanya.

Mika dan Ibu Wetyowati menerima hadiah sepeda Presiden di Australia.

Lalu, berapa harga sepeda yang disediakan oleh Presiden tersebut?

Kepala Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengungkapkan sepeda-sepeda yang diberikan oleh Presiden Jokowi sebagai hadiah di daerah maupun di luar negeri pengadaannya tidak dalam jumlah banyak sekaligus.

"Sesuai kebutuhan saja (beli sepedanya)," kata Bey kepada VIVA.co.id.

Adapun berapa harga pengadaan sepeda tersebut, Bey mengatakan harga sepedanya tentu bervariasi, jadi secara keseluruhan range atau rinciannya kurang paham. Namun, yang pasti harga sepeda tersebut tidak jauh beda dengan harga pasaran.

Adapun rincian sepeda yang dibagikan tersebut, berdasarkan pantauan VIVA.co.id berjenis Mountain Bike dengan spesifikasi rem cakram depan belakang, memiliki shock breaker depan dan bergigi. Biasanya untuk sepeda jenis ini dengan merek United seharga Rp1,9 juta per unit.

Namun, ada juga beberapa merek lain yang juga dibagikan Presiden seperti Polygon yang diterima Choky dan penyanyi cantik Raisa. Sedangkan dua orang WNI di Australia menerima sepeda dengan merk Giant. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya