Masalah E-KTP Bakal Repotkan Pemilihan Gubernur Jabar 2018

Blanko kosong e-KTP sebelum diisi dengan data warga.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id – Masalah ketersediaan e-KTP di Jawa Barat menjelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 dinilai harus menjadi perhatian pemerintah. Pemerintah Provinsi Jawa Barat saat ini membutuhkan blangko e-KTP 3.679.339 keping dan ini harus segera dipenuhi.

Rektor UIN Jakarta Semprot Agus Rahardjo Soal e-KTP: Pak Agus Seharusnya Merespon Saat Itu

"Diperlukan upaya percepatan agar persoalan ini tidak menjadi bom waktu karena itu jadi hal paling mendasar," ujar Koordinator Divisi Hukum Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jabar, Yusuf Kurnia, di Bandung, Rabu malam 15 Maret 2017.

Menurutnya, berkaca dari Pilkada 2015 dan 2016, persoalan e-KTP akan menjadi bom waktu dan tak bisa dipungkiri akan menciptakan situasi dinamis menjelang Pilgub Jabar.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

"Persoalan yang paling kami soroti adalah e-KTP. Ini tantangan sekaligus ancaman bagi Pilgub Jabar 2018. Pada 2016 kemarin saja, di tiga kota/kabupaten, penyelenggara [Pilkada] kerepotan mengakomodasi hak pilih warga" katanya.

Pilgub Jabar 2018 diprediksi akan mengikutsertakan calon pemilih di 27 kabupaten dan kota dengan calon pemilih mencapai 32 juta jiwa. Apalagi Pilgub nanti bertepatan dengan diselenggarakannya Pilkada serentak di 16 kabupaten dan kota.

Ogah Jadi Hakim Moral, Alasan Prabowo Tak Cecar Ganjar soal Kasus Wadas hingga e-KTP Saat Debat

Menurut Yusuf, masyarakat yang belum mendapatkan e-KTP akan mengancam kejelasan status hak pilih mereka. "Baru di tiga kabupaten kota saja, e-KTP jadi persoalan, apalagi dengan jumlah pemilih sebanyak itu," kata dia. (ren)

Cara membuat KTP digital

INFOGRAFIK: Cara Buat KTP Digital

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengumumkan rencana penggantian e-KTP fisik dengan KTP Digital atau disebut dengan Identitas Kependudukan Digital (IKD).

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2023