Jawa Barat Prioritas Satu Arus Mudik

VIVAnews - Provinsi Jawa Barat dinyatakan sebagai daerah prioritas satu pengamanan arus mudik dan arus balik. Hal tersebut di tegaskan Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri, dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kapolres Subang, AKBP Sugiyono. Sugiyono menyampaikan itu dalam acara pelepasan personel untuk operasi Lodaya Ketupat, Sabtu, 12 September 2009, di lapangan Mapolres Subang, jalan Mayjen Soetoyo, Subang.

Selain untuk mengamankan jalannya arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1430 Hijriyah, operasi lodaya ketupat juga dimaksudkan untuk menjaga stabilitas nasional. “Kita tidak henti-hentinya berperang dengan Teroris. Berbagai operasi telah dilakukan Polri sebagai langkah preventif dari aksi kriminalitas,” kata Kapolri sebagaimana dibacakan Kapolres.

“Polri telah melakukan investigasi terhadap rel kereta, sebagai antisipasi adanya sabotase Pengawalan terhadap distribusi sembako dan bahan bakar minyak."

Sementara itu, dalam Opreasi Lodaya yang akan berlangsung selama 16 hari tersebut, Polres Subang menurunkan sebanyak 803 personel untuk mengamankan arus mudik dan arus balik, yang disebar di jalur Pantura, jalur Tengah dan jalur Selatan. “Itu belum termasuk dengan personel gabungan dari Polwil, Polda, dan Polri. Secara keseluruhan, ada 1.003 personil gabungan yang akan mengamankan arus mudik dan arus balik,” kata Kapolres Subang, AKBP Sugiyono.

Selain menurunkan sebanyak 803 personil dari Polres Subang, dalam menjalankan tugas nya, Polres Subang dilengkapi dengan mobil Ranger, yang berfungsi sebagai respon cepat laporan masyarakat terhadap adanya dugaan tindak kriminal. “Kita diberi sebanyak 22 Mobil ranger dari Polri, yang akan kita manfaatkan untuk menghalau tindakan kriminal dari sebagian golongan. Dengan adanya Mobil Ranger ini, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam waktu cepat, sekaligus menyiutkan nyali dari mereka yang hendak berbuat kriminal."

“Dan saya larang mobil Ranger itu di parkir di sini (Mapolres). (Mobil) Ranger harus selalu ada dijalanan selama 24 jam non stop,” kata Sugiyono.

Dalam upacara yang digelar sejak pukul 08.00 WIB tersebut, nampak juga perwakilan instansi-instansi lain di antaranya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Subang, Dinas Inpormasi dan komunikasi (Disinpikom) Subang, Damkar, Pramuka, Satpol PP, TNI AU, Kodam 0605, Batalyon 312 serta Kala hitam. Mereka juga akan diterjunkan di beberapa titik di wilayah hukum Subang.

Laporan Inin Nastain | Subang

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024