Calonkan Khofifah di Pilkada Jatim, PAN Tunggu Izin Jokowi

Presiden Joko Widodo dan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa.
Sumber :
  • NTARA FOTO/Widodo S. Jusuf

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sudah mempertimbangkan dua orang figur yang bakal diusung dalam pemilihan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jawa Timur 2018 mendatang. 

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Ketua MPR RI itu menyatakan, meskipun pelaksanaan Pilkada Jawa Timur masih berlangsung tahun depan, pihaknya sudah memiliki ancang-ancang untuk mendorong dua orang figur tersebut.

"Ada Khofifah dan Gus Ipul untuk Jatim," kata Zulkifli Hasan di Kompleks DPR RI, Jakarta Pusat, Senin, 27 Maret 2017.

Gerindra Tak Masalah PDIP Gabung Usung Khofifah di Pilgub Jatim, Ada Tapinya

Secara pribadi, Zulkifli memiliki kedekatan dengan Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), Khofifah Indar Parawansa. Menurut Zulkifli, Khofifah memiliki potensi yang cukup besar untuk memimpin Jawa Timur, yang diketahui sebagai salah satu basis NU di Pulau Jawa. 

Selain itu, katanya, Jawa Timur juga memiliki figur yang tak kalah bagusnya dengan Khofifah, yaitu Wakil Gubernur Jatim saat ini, Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul.

Tepis Isu Cak Imin Maju di Pilgub Jatim, Elite PKB Sebut Ada Tempat yang Lebih Mulia

"Khofifah kan potensial. Beliau teman baik saya, saya kenal baik, dia pekerja keras dan mempunyai kemampuan. Juga ada Gus Ipul di sana. Dua itu kalau saya kira dari PAN," ujarnya.

Ia pun mengaku, sudah sempat mendiskusikan rencana mendorong Menteri Sosial itu sejak tahun lalu. Sehingga, untuk pencalonan Khofifah pada Pilgub Jatim mendatang, pihaknya masih tetap menunggu persetujuan dari Presiden Joko Widodo.

"Saya sudah bilang (kepada Khofifah), perjuangannya kemarin kan belum tuntas. Kalau mau berjuang mesti tuntas. Jadi saat ini kan beliau masih menjabat posisi menteri, beliau masih harus menunggu pandangan Presiden kan," kata Zulkifli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya