Polri Imbau Peserta Aksi 313 Tertib dalam Koridor Hukum

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syaefullah

VIVA.co.id – Polri menyatakan sudah mengetahui adanya rencana Aksi 313, yang digelar Forum Umat Islam, atau FUI, pada Jumat lusa. Namun, tak hanya FUI, elemen mahasiswa juga dilaporkan akan ikut dalam aksi ini.

Ketua Umum PPP Minta Pendukung Ahok Hormati Hukum

"Jadi, diperkirakan 20 ribuan, keikutsertaan dari berbagai elemen masyarakat," kata Kadiv Humas Polri, Irjen Boy Rafli Amar di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu 29 Maret 2017.

Boy mengimbau, agar peserta Aksi 313, terutama mahasiswa bisa tertib dan sesuai koridor hukum dalam menjalankan aksi menyuarakan aspirasinya.

Wapres JK dan Ketum PBNU Nilai Aksi 505 Tak Perlu

"Kita harap, adik-adik mahasiswa tertib, dalam koridor hukum, tidak melakukan hal-hal yang merugikan masyarakat," lanjut mantan Kapolda Banten itu.

Terkait pengamanan, Polda Metro Jaya akan memegang koordinasi. Hingga sore ini, kata Boy, surat izin resmi pemberitahuan belum diterima Mabes Polri. Namun, secara non formal, komunikasi sudah dilakukan peserta aksi dengan Mabes.

Dibakar Buruh, Muncul Karangan Bunga Sindiran di Balai Kota

"Kita imbau kepada koordinator, agar segera menyerahkan surat pemberitahuan, orang yang disertakan berapa, alat peraga apa," ujar Boy.

Seperti diberitakan, Aksi 313 akan dilakukan berbagai elemen yang tergabung dalam FUI. Aksi damai ini merupakan lanjutan dari sebelumnya. Aksi ini untuk mengingatkan Presiden Joko Widodo, agar Gubernur DKI non aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) segera diberhentikan, karena statusnya sebagai terdakwa dugaan penistaan agama. (asp)

Massa pendukung Ahok

Jaringan '98: Tangkap Penghina Presiden Jokowi

Mereka merasa miris melihat aksi demonstrasi pendukung Ahok.

img_title
VIVA.co.id
15 Mei 2017