Usai Ledakan di Poso, Situasi Kini Kondusif

Lokasi ledakan di Poso
Sumber :
  • VIVA.co.id/Abdullah Haman

VIVA.co.id – Sebuah ledakan keras terjadi di Poso Kota, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, yang sempat menggegerkan warga setempat pada Jumat 31 Maret 2017.

Dibangunkan Ledakan, Warga Kiev Sempat Merasa Telat Selamatkan Diri

Informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, ledakan keras yang diduga bom itu terjadi pada Jumat subuh sekitar pukul 04.00 Wita di Tugu Bundaran Jalan Pulau Sumatera atau tepatnya di depan Pasar Sentral Lama, Kelurahan Gebang Rejo, Kecamatan Poso Kota.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah Ajun Komisaris Besar Polisi Hari Suprapto yang dikonfirmasi pada Jumat siang membenarkan adanya ledakan keras tersebut.

Tambang Emas di Burkina Faso Meledak, Tewaskan 60 Orang

Menurut Hari, pascaledakan, petugas dari Gegana Brimob dan anggota Polres Poso sudah mengamankan dan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) serta mencari barang bukti di lapangan.

Dia menuturkan, ledakan keras itu berasal dari peledak dengan daya ledak rendah. “Karakter ledakan low explosive dan tidak berdampak,” tutur Hari.

9 Negara di Dunia yang Paling Ditakuti karena Punya Bom Nuklir

Dari hasil penyisiran di TKP, di lokasi tersebut tidak ditemukan sejenis logam, baik paku dan sejenisnya. Kemudian juga tidak ada detonator. Namun, di lokasi ditemukan sebuah pipa paralon dan black powder, meski tidak ada tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa ledakan itu adalah bom.

“Jadi disimpulkan bahwa ini hanya semacam mercon,” kata Hari.

Polisi saat ini masih menghimpun keterangan dari sejumlah saksi di lokasi untuk mengungkap pelaku.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ujar juru bicara Polda Sulteng itu.

Situasi keamanan di Poso dan sekitarnya masih kondusif. Aktivitas warga dan arus lalu lintas di sekitar lokasi dan wilayah Poso kini berjalan seperti biasanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya