Pilkada Jatim, PPP Godok Tiga Nama 'Besar' di Luar Partai

Ketua Umum PPP Romahurmuzy.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan versi Muktamar Surabaya, Romahurmuzy, mengaku tengah menimbang tiga nama kuat yang kini beredar di bursa Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018. Di luar itu ada kader internal yang akan ditawarkan untuk didukung maju.

Pilkada Serentak di Sumut, Mendagri: Semua Siap

Pria biasa disapa Romi itu mengatakan, PPP sudah meradar suara di bawah dan melakukan survei siapa yang akan didukung oleh PPP di Pilkada Jatim 2018 nanti. Hasilnya, untuk nama di luar partai, tiga nama tertinggi dikantongi.

"(Hasil survei) Tiga nama tertinggi. Bu Khofifah, Gus Ipul, dan Bu Risma. Kalau dari internal (PPP), tetap pak Musyafak Noer (Ketua PPP Jatim)," kata Romi di sela-sela Rapat Koordinasi Wilayah DPW PPP Jatim di Asrama Haji Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat malam, 31 Maret 2017.

Demokrat Lawan Keluarga Ratu Atut di Pilkada Banten

Romi mengatakan, nama-nama itu adalah hasil survei awal yang dilakukan oleh PPP. Penyerapan aspirasi lanjutan dari bawah terus dilakukan karena, dalam politik semua bisa berubah dalam waktu cepat. "Termasuk pada Rakorwil kali ini, DPP akan mendengarkan suara dari kader PPP di Jawa Timur," katanya.

Romi mengaku tiga nama yang dia sebut tertinggi elektabilitasnya itu memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda-beda. Hal yang jadi pertimbangan ialah pengalaman ketiganya yang sudah lama malang-melintang di lingkungan pemerintahan, meski satu di antara lain berbeda dalam hal kapasitas dan lingkup kerjanya.

Semua Petugas KPPS Pilkada 2020 Akan Jalani Rapid Test

"Ada yang sudah lama bekerja, seperti Gus Ipul sudah bekerja 10 tahun (sebagai Wagub Jatim), Bu Khofifah juga sudah lama bekerja meskipun on-off, ada Bu Risma yang sempat mau ke Jakarta tapi akhirnya balik ke Surabaya, tapi belum fokus bekerja untuk Jawa Timur. Ada juga yang belum pernah bekerja, tapi syahwat politiknya besar," tandas Romi.

Rencananya, PPP akan mengumumkan bakal calon Gubernur Jatim yang akan diusung atau didukung setelah Lebaran nanti. Romi mengaku pihaknya intensif berkomunikasi dengan semua nama yang masuk dalam radar Pilkada, termasuk dengan Khofifah, Gus Ipul, dan pihak Risma. "Kalau ditanya yang paling intensif berkomunikasi, saya dengan Pak Musyafak," katanya berseloroh.

Sekretaris Jenderal PPP versi Romi, Arsul Sani, mengatakan bahwa Musyafak Noer disiapkan partai setidaknya untuk calon Wakil Gubernur Jatim. "Kami menawarkan Ketua DPW PPP Jatim, Pak Musyafak Noer, sebagai cawagub, karena punya pengalaman sebagai politisi. PPP juga punya lima kursi DPRD Jatim," katanya.

Ketua PPP Jatim, Musyafak Noer, mengaku internal partai memang mendorongnya agar maju di Pilkada Jatim nanti. "Kalau Anda tanya siap atau tidak, tentu saja saya siap. Ini kemauan DPP PPP. DPW menunggu masukan aspirasi DPC se-Jatim," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya