Zakir Naik: Tujuan Utama Poligami Melindungi Perempuan

Dakwah Zakir Naik di Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko

VIVA.co.id – Ulama asal India, Zakir Naik, menyatakan poligami yang sesuai ajaran Islam yaitu bersikap adil. Namun, saat ini, tak semua poligami yang dilakukan muslim itu sesuai dengan ajaran Islam.

Ustaz Felix Siauw: Ustaz Adi Hidayat Merepotkan, Larangan dalam Ritual Malam Satu Suro

Hal ini disampaikan Zakir Naik saat sesi tanya jawab dengan awak media usai memberikan kuliah umum bertemakan “Religion as An Agent of Mercy and Peace” di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin, 3 April 2017.

“Tidak semua poligami yang dilakukan muslim itu sesuai dengan ajaran Islam. Istilah poligami lebih tepat jika disebut dengan poligami dalam Islam, yakni seorang pria boleh memiliki lebih dari satu istri selama mampu mengikuti syariah yaitu bersikap adil,” kata Zakir.

Dr Zakir Naik Ungkap Bagaimana Seorang Pria Bisa Jadi Homoseksual

Zakir menjelaskan, berbeda dengan poligami, perempuan dalam Islam tak bisa memiliki lebih dari satu suami atau poliandri. Menurutnya, dari semua kitab suci agama besar di dunia, menurut Zakir, hanya Alquran saja yang membahas tentang poligami secara mendetail.

Sebagai contoh, dalam Alquran dijelaskan seorang pria muslim boleh menikah hingga empat kali selama dia mampu berbuat adil.

Bantah Ditangkap, Zakir Naik Unggah Video Mualafkan 6 Wanita di Oman

Dikatakan dia, poligami menyesuaikan kondisi sekarang karena jumlah perempuan yang lebih banyak dibanding laki-laki.

“Bahkan jumlahnya bisa mencapai dua-tiga kali. Jadi muslimah yang baik pasti memahami tentang hakekat berbagi suami, dan ini tujuan utamanya adalah melindungi perempuan,” jelasnya. (ase)

Ustaz Khalid Basalamah dan Dr Zakir Naik

Bakal ke Indonesia Lagi, Ini Momen Ustaz Khalid Basalamah Bertemu Dr Zakir Naik di Mekkah

Pendakwah ternama asal Indonesia, Ustaz Khalid Basalamah membagikan momen saat bertemu dengan salah satu tokoh Muslim dunia yaitu Dr Zakir Naik di Mekkah.

img_title
VIVA.co.id
5 April 2024