Korban Longsor Ponorogo Direlokasi

Petugas melakukan proses evakuasi korban bencana longsor di Dusun Tangkil Desa Banaran Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Lebih dari seratus orang warga Dusun Tangkil Desa Banaran Ponorogo yang menjadi korban terdampak bencana longsor akan direlokasi secara mandiri oleh pemerintah setempat.

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Rencananya, seluruh yang terdampak akan ditempatkan di permukiman baru yang berada di atas lahan milik warga.

"Kami sudah hampir sepakat, kami relokasi mandiri. Nanti akan kami relokasi di lahan mereka sendiri, tapi bangunan dan isinya disiapkan pemerintah," kata Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni di tvOne, Selasa, 4 April 2017.

Banjir Melanda Rusia, Lebih dari Sekitar 15.000 Rumah Terendam

Lahan ini, masih berada di kawasan Desa Banaran, namun saat ini masih dalam proses pengujian dan verifikasi dari tim ahli, apakah lokasi ini aman dari ancaman longsor.

Menurut Ipong, terkhusus warga yang mungkin tidak memiliki lahan sendiri. Pihaknya sudah berencana akan menggunakan lahan alternatif lain yang masih berada di kawasan Desa Banaran.

5 Ramalan Jayabaya yang Terjadi di Tahun 2024, dari Bencana Alam hingga Situasi Politik

"Alternatifnya lahan milik desa, lahan Bengkok," kata Ipong.

Hingga Selasa, 4 April, proses pencarian 25 orang warga desa yang belum ditemukan masih terus dilakukan. Ipong menyebut untuk pencarian di hari ketiga ini, petugas gabungan akan memfokuskan pencarian di lokasi B.

"Di lokasi B ini, diduga material yang menumpuk tidak terlalu tebal. Dan diduga ada beberapa orang (korban) di sana," kata Ipong.

Longsor di Ponorogo terjadi pada Sabtu, 1 April 2017, sekira pukul 08.00 WIB. Akibat kejadian ini, 28 orang warga terseret longsor ketika sedang memanen jahe di kawasan rawan longsor.

Dari jumlah itu, tiga jasad sudah ditemukan sementara 25 lainnya masih dalam pencarian. Longsor juga menghancurkan lebih dari 20 rumah warga. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya