10 Tim SAR Bojonegoro Dikirim ke Lokasi Longsor Ponorogo

Evakuasi korban longsor Ponorogo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA.co.id – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro, Andik Sudjareo, mengemukakan, sebanyak 10 tim SAR dari Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, diterjunkan untuk membantu proses evakuasi korban longsor di Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

BNPB: 30 Warga Sumbar Meninggal Akibat Banjir dan Tanah Longsor, 6 Hilang

Dari 10 tim SAR tersebut, masing-masing memiliki tugas seperti koordinator antartim SAR daerah, pencarian korban, dapur umur hingga memulihkan trauma bagi para korban.

Direncanakan, setiap lima hari sekali, tim SAR akan diganti dengan personel lain. Upaya itu dilakukan hingga batas waktu pencarian korban jiwa yang ditentukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur berakhir.

Banjir Bandang-Tanah Longsor Terjang Sumbawa, Puluhan Rumah Warga Terendam

"Nantinya sepuluh tim SAR ini dalam lima hari akan berganti hingga batas pencarian korban jiwa," kata Andik, Rabu, 5 April 2017.

Bertempat di Kantor BPBD Kabupaten Bojonegoro, para personel dari tim SAR Kabupaten Bojonegoro mulai mempersiapkan alat-alat yang akan dibawa ke Ponorogo.

Kawasan ASEAN Dilanda 36 Bencana Minggu Lalu, Indonesia dan Malaysia Paling Terdampak

Sebelumnya, longsor melanda Dusun Tangkil, Desa Banaran, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Sabtu, 1  April 2017 pagi. Sejumlah 28 orang dikabarkan hilang. Petugas menemukan tiga orang di antaranya dalam kondisi meninggal, 3 April 2017.

Laporan Dewo Rina Handayani (Bojonegoro)

Ilustrasi longsor

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Tanah longsor yang terjadi tersebut kemudian terlihat merobohkan lereng, menghancurkan segala sesuatu yang dilaluinya termasuk pepohonan hingga ruas jalan yang baru saja

img_title
VIVA.co.id
2 April 2024