Kemenhub Akui Pesawat Kargo Avia Sentosa Hilang Kontak

Ilustrasi Pesawat kargo
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan membenarkan informasi yang menyebutkan bahwa pesawat C208 Grand Caravan jenis kargo, yang dioperasikan oleh maskapai Spirit Avia Santosa, telah hilang kontak.

Ini Identitas 4 Orang Penumpang Pesawat SAM Air yang Hilang di Papua

Pesawat tersebut hilang kontak saat melakukan penerbangan di Tanah Merah (WKAT) menuju Oksibil (WAJO). Keduanya, berada di Papua pada hari ini, Rabu 12 April 2017. Demikian keterangan resmi yang dibeberkan Kemenhub di kantornya, Jakarta.

Pesawat dengan nomor registrasi PK-FSO tersebut berangkat dari Tanah Merah pukul 11.44 WIB, dan diperkirakan mendarat di Oksibil pada pukul 12.14 WIB. Namun sampai saat ini, pesawat belum mendarat, dan petugas ATC hilang kontak dengan pesawat.

Basarnas Pastikan Sriwijaya Air SJ182 Jatuh

"Kami sedang melakukan proses pencarian. Saya perintahkan untuk setiap personil penerbangan di sekitar daerah tersebut untuk membantu pencarian, dan memberikan segala informasi yang diperlukan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Agus Santoso.

Lokasi koordinat yang dilaporkan adalah 04 48' 47.7" S 140 39' 31.7" E, yang berada pada jarak 5,8 nautical mile utara dari Oksibil. Pada saat kejadian, kondisi di Oksibil adalah berangin pelan, dengan jarak pandang mencapai delapan nautical mile.

Basarnas Banten Ikut Cari Pesawat Sriwijaya Air

Proses pencarian pun saat ini dilakukan oleh tim Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan, dengan dibantu oleh beberapa maskapai lainnya seperti Associated Mission Aviation, Trigana Air dan SAS sendiri.

Ilustrasi pesawat perintis

Pesawat Perintis Kargo Smart Air Rute Tarakan-Binuang Hilang Kontak

Pesawat perintis tersebut dilaporkan lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Kalimantan Utara, Jumat pada pukul 08.25 Wita.

img_title
VIVA.co.id
8 Maret 2024