Tim SAR Berhasil Evakuasi Jenazah Pilot Cessna yang Jatuh

Lokasi jatuhnya pesawat SAS di Papua.
Sumber :
  • Banjir Ambarita (Papua)

VIVA.co.id – Tim pencari dan penyelamat atau SAR akhirnya berhasil menemukan dan mengevakuasi jenazah pilot Pesawat Cessna 208 Caravan, Kapten Kompol Rio Pasaribu. Rio tewas setelah pesawat tersebut jatuh di pegunungan Bukit Anum, Oksibil, Papua.

Enam Penumpang Diperkirakan Tewas Setelah Pesawat Rusia Jatuh

Menurut Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Papua, Kombes Pol Ahmad Mustafa Kamal, jenazah Rio terpaksa dievakuasi melalui jalan darat, karena cuaca di lokasi sangat ekstrem dan bisa membahayakan jika evakuasi dilakukan dengan menggunakan helikopter.

Berdasarkan informasi yang diterimanya, Kamal menyebut, tim SAR mengevakuasi jenazah menuju ke desa terdekat, dan dibawa ke Bandara Oksibil, untuk selanjutnya diterbangkan ke Bandara Sentani di Jayapura. "Meski sulit, tapi evakuasi sudah berhasil, kini jenazah pilot akan diangkut menuju Jayapura," kata Kamal, Jumat, 14 April 2017.

Keluarga Cerita Kiprah Kapten Mirza yang Pernah Ikut Operasi Militer

Setiba di Jayapura, jenazah Kapten Rio akan diterbangkan lagi ke Jakarta, untuk dikebumikan keluarganya di kampung halamannya. "Sore ini juga jenazah diangkut dengan maskapai Batik Air ke Jakarta untuk selanjutnya diterbangkan ke kampung halamannya," ujarnya menambahkan.

Kamal menuturkan, evakuasi jenazah yang dilakukan tim SAR yang beranggotakan delapan personel itu, tidak semudah yang direncanakan.  Karena tim SAR harus menembus hutan lebat di tengah cuaca ekstrem yang melanda wilayah tersebut. Ditambah lagi, lokasi jatuhnya pesawat berada di lembah pegunungan bertebing curam.

Keluarga Ikhlaskan Kepergian Kapten Mirza Pilot Rimbun Air

Meski sangat melelahkan, tapi tim SAR juga berhasil menemukan dan membawa kotak hitam pesawat tersebut.

Seperti diberitakan, pesawat itu jatuh dalam penerbangan rute Tanah Merah-Oksibil.  Pesawat dengan nomor registrasi PK-FSO yang dioperasikan Spirit Avia Sentos itu dinyatakan hilang pada Rabu, 12 April 2017. (mus)

Petugas pemadam kebakaran berupaya memadamkan api setelah sebuah jet tempur jatuh di Tabriz, Iran, 21 Februari 2022.

Pesawat Tempur Militer Iran Menimpa Sekolah, Tewaskan 3 Orang

Sebuah pesawat tempur F5 buatan AS yang digunakan militer Iran jatuh dan menimpa tembok sekolah di kota Tabriz, barat laut Iran.

img_title
VIVA.co.id
21 Februari 2022