Banten Travel Mart 2017 Bakal Suguhkan Potensi Wisata Alam

Senja di Pantai Bodur, Tanjung Lesung, Banten
Sumber :
  • Dok.Vickar Adam

VIVA.co.id – Destinasi Tanjung Lesung di Banten pada 19-21 April ini punya agenda serius. Namanya Banten Travel Mart 2017 yang akan diselenggarakan di Tanjung Lesung Beach Resort.

Kegep! Ada Cuplikan Sawah Bali dalam Video Promosi Pariwisata Filipina

Acara yang diinisiasi ASITA Banten itu akan menghadirkan para travel agent, tour operator, hotel dan pengelola objek wisata. Kegiatan yang didukung penuh Pemerintah Provinsi Banten dan Deputi Pemasaran Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu memang untuk mempertemukan para pelaku bisnis dan pemangku kepentingan bidang turisme.

Ida Irawati selaku person in charge (PIC) Tanjung Lesung di Pokja Destinasi Wisata Prioritas Kemenpar mengatakan, Banten Travel Mart 2017 akan menjadi ajang pertemuan seller dan buyer pariwisata. Harapannya, ada pengembangan paket-paket wisata dalam ajang itu.

Sandiaga Uno Ternyata Melow, Nangis Waktu Nonton Film Ini

“Banten mempunyai keindahan wisata alam, budaya dan religi serta kearifan lokal yang kuat, sehingga diharapkan dengan sinergi bersama para pelaku bisnis akan mampu meningkatkan peran sektor industri pariwisata Provinsi Banten,” ujar Ida.

Selain itu, katanya, akan ada Pandeglang Food Festival 2017 pada 29 April nanti. Kegiatan itu merupakan rangkaian hari ulang tahun Kabupaten Pandeglang ke-143.

Akatara 2021 Bakal Gaet Pelaku Perfilman Senior

Lokasi untuk Pandeglang Food Festival 2017 pun menarik, yakni di Teluk Labuan. Yang tak kalah menarik, Dinas Perikanan Banten akan mencanangkan ‘Gerakan Makan Ikan’ pada event itu.

“Akan ada penampilan seni budaya tradisional, makanan khas kuliner  Banten, produk khas daerah setempat yang semua akan digelar di tepi demarga Teluk Labuan,” ujar Ida.

Upaya menyedot wisatawan ke Banten tidak hanya melalui atraksi. Sumber daya manusia (SDM) pariwisata setempat pun terus dibina untuk meningkatkan kemampuan mereka. Kadispar Prov Banten Eneng Nurcahyati juga serius menghidupkan pariwisata yang potensial di Banten.

Ida menuturkan, Kemenpar yang dipimpin Arief Yahya telah menggelar pelatihan dasar SDM pariwisata bagi para pelaku industri turisme di Pandeglang dan Carita yang termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung.

“Dalam pelatihan tersebut disampaikan pentingnya peran peningkatan SDM pariwisata untuk menambah daya saing di KEK Tanjung Lesung dan Provinsi Banten,” kata Ida. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya