Jemaah Haji RI Akan Nikmati Tenda Baru Antiapi dan Antipanas

Jemaah haji di Tenda Arafah
Sumber :
  • Arinto/VIVA

VIVA.co.id – Jemaah haji Indonesia bakal menikmati fasilitas tenda baru di Arafah tahun ini. Tenda baru menggunakan rangka baja aluminium dilengkapi dengan tenda antiapi.

Inspektorat Terjunkan Dua Tim Awasi Penyelenggaraan Haji

Staf Teknis I Kantor Urusan Haji (KUH) KJRI Jeddah Ahmad Dumyathi Basori mengatakan bahwa tenda baru di Arafah memiliki daya tampung 250 jemaah, berukuran 25x15 meter. Selain itu, untuk menyesuaikan bidang tanah di Arafah, ada tenda lain yang berukuran lebih kecil, 10x15 meter.

"Setiap tenda dilengkapi dengan pendingin AC baru sebanyak enam unit dan enam unit kipas angin besar yang dilengkapi dengan spray air (mitsfan)," ujar Dumyathi dalam rilisnya, Minggu, 23 April 2017.

Alas Kaki Penting Selama di Madinah, Ini Alasannya

Dia menjelaskan, AC dan kipas angin diperlukan karena suhu udara pada puncak haji 2017 diperkirakan sangat panas. Berdasarkan Rencana Perjalanan Ibadah Haji 2017 yang dirilis Kementerian Agama, puncak haji Wukuf di Arafah tanggal 9 Dzulhijjah 1438 H diperkirakan bertepatan dengan 31 Agustus 2017.

"Dengan cuaca panas, risiko calon jemaah haji mengalami heat stroke sangat tinggi. Oleh sebab itu, pemerintah terus berupaya meningkatkan fasilitas bagi jamaah haji," ujar Dumyathi.

Visa untuk 118 Kloter Jemaah Haji Sudah Siap

Selain AC dan mitsfan, karpet yang akan digunakan jemaah di Arafah juga relatif baru, karena maksimum usia dua tahun. Fasilitas lainnya, yakni toilet tingkat yang memadai.

Bahkan, untuk menjamin pasokan listrik, setiap tenda akan dilengkapi satu genset. Fasilitas yang jauh lebih baik ini diharapkan akan memberikan kenyamanan bagi jamaah haji Indonesia.

Peningkatan fasilitas karpet juga dilakukan di Muzdalifah yang akan digunakan jemaah untuk menjalani mabit. Sehingga, jemaah haji dapat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju Mina.

"Selama di Arafah, jamaah haji akan mendapatkan pelayanan makan sebanyak empat kali. Sedangkan di Musdzlifah satu kali dan di Mina sebanyak 11 kali," ujar Dumyathi.

Dumyathi bersama Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Menkes Nilla F Moeloek, Menko PMK Puan Maharani telah melakukan mengecek fasilitas tenda yang akan digunakan jemaah haji di Indonesia di Arafah, Sabtu, 22 April 2017. Menag Lukman mengatakan bahwa pemerintah akan terus berupaya maksimal dalam menyiapkan pelayanan haji 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya