Gempa 4,7 Skala Richter Goyang Tiga Kabupaten di Jawa Timur

Lokasi gempa bumi di Trenggalek
Sumber :
  • BMKG

VIVA.co.id - Gempa bumi berkekuatan 4,7 skala richter menggoyang tiga kabupaten di Jawa Timur, yaitu Trenggalek, Ponorogo, dan Blitar, pada pukul 14.03 WIB, Kamis, 27 April 2017.

BMKG: Kalimantan Diguncang Tujuh Kali Gempa pada 29 Maret-4 April 2024

Pusat gempa berada di 29 kilometer tenggara Blitar. Dengan episenter terletak pada koordinat 8.83 lintang selatan, 112.49 bujur timur, dan pada kedalaman 89 kilometer.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa memang di tenggara Blitar tetapi getarannya dirasakan hingga Trenggalek dan Ponorogo. Sejumlah warga menyampaikan merasakan getaran itu di daerah masing-masing.

BMKG Warns for Heavy Rains during 2024 Eid Homecoming

Menurut Kepala Stasiun Geofisika Karangkates, Musripan, belum ada aktivitas gempa susulan yang dirasakan di tiga wilayah bagian selatan Jawa Timur itu.

"Pemicu gempa bumi ini diperkirakan adalah aktivitas pergerakan lempeng tektonik akibat pertemuan lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia, di mana lempeng Indo-Australia menujam ke bawah lempeng Eurasia. Zona pertemuan lempeng tersebut sangat aktif terjadi gempa bumi," ujar Musripan.

Gempa di Taiwan, 18 Orang Masih Hilang

Musripan menegaskan gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami. Stasiun Geofisika Karangkates mengimbau masyarakat tetap tenang dan mengikuti arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta BMKG. (ase)

Cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang tinggi. Foto ilustrasi.

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Buruk di Bali, Masyarakat Diminta Waspada

BBMKG Wilayah III Denpasar menerbitkan peringatan dini dengan potensi cuaca buruk di Bali diperkirakan pada 6-8 April 2024. Masyarakat diminta waspada potensi bencana.

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024