Debu Racun, Belasan Ribu Anak di Bekasi Terserang Penyakit

Ilustrasi-Dampak pencemaran udara
Sumber :
  • ANTARA/FB Anggoro

VIVA.co.id – Belasan ribu anak di Kota Bekasi Jawa Barat terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Ini ditengarai oleh debu meluas di daerah itu.

Jarang Disadari, Ini 5 Manfaat Luar Biasa Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

Catatan Dinas Kesehatan Kota Bekasi total anak yang terserang penyakit ini sudah mencapai 14.886 kasus. Jumlah ini bahkan diprediksi bertambah menjelang masuknya musim pancaroba.

"ISPA penyakit sepanjang musim. Namun kalau musim pancaroba sudah tiba kasusnya semakin tinggi," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Bekasi Laila Nauvalya, Selasa, 2 Mei 2017.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Laila menyebut, selama ini untuk pasien ISPA diakuinya memang jarang mendapat perawatan inap. Terkecuali sudah meradang hingga menjadi infeksi paru.

"ISPA biasa ditangani Puskesmas. Kalau sudah rawat inap baru dirujuk ke RSUD," katanya.

5 Manfaat Kentut Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Menandakan Pencernaan Sehat

Sejauh ini, untuk mengantisipasi sebarannya meluas, Laila mengimbau agar warga Bekasi selalu menggunakan masker. Langkah ini untuk mengurangi masuknya debu ke saluran pernapasan.

Kol goreng

5 Efek Samping Kol Goreng Bagi Kesehatan yang Perlu Diwaspadai, Bisa Memicu Kanker

Kol goreng hidangan yang digemari banyak orang karena kelezatannya, ternyata menyimpan efek samping yang perlu diwaspadai jika dikonsumsi berlebihan, bisa memicu kanker.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024