Ketua DPR Dukung Pembubaran HTI

Ketua DPR, Setya Novanto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Putri Firdaus.

VIVA.co.id – Ketua DPR Setya Novanto mendukung langkah pemerintah membubarkan organisasi masyarakat Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Guru Besar UMJ Ingatkan Gerakan Pro-Khilafah Masih Eksis di RI dengan Modus Baru

Menurutnya organisasi berbadan hukum yang ada di Indonesia harus patuh dan menaati pedoman negara yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Maka, kata dia, semua organisasi yang diduga menyimpang dan mengancam persatuan dan kesatuan, kebhinekaan dan keutuhan bangsa, patut ditindak tegas. 

"Saya memandang keputusan untuk membubarkan organisasi HTI sebagai ormas sudah didasari atas pertimbangan yang matang. Ini patut diapresiasi," ujar Setya dalam keterangan tertulisnya, Selasa 9 Mei 2017. 

Menag Yaqut Buka Suara Soal HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII

Setya menuturkan, sesuai dengan ketentuan Undang Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, seluruh ormas yang berbadan hukum wajib tunduk dan patuh pada aturan. Organisasi yang menyimpang pantas diberikan tindakan. 

Keberadaan ormas, menurutnya, seharusnya turut mendukung penciptaan kondisi nasional yang stabil dan kondusif. Situasi ini tak lain untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara serta menjamin keberlangsungan rakyat. 

HTI Diduga Gelar Kegiatan di TMII, Polisi Akan Periksa Panitia Penyelenggara Acara

"Saya mendukung sepenuhnya sikap pemerintah mengambil tindakan tegas terhadap ormas HTI," tuturnya. 

Sebagai ketua parlemen, dia mengajak kepada publik untuk menyerahkan sepenuhnya proses pembubaran HTI sesuai dengan mekanisme yang berlaku. Hal ini penting, supaya keputusan pemerintah membubarkan HTI punya landasan legitimasi yuridis dan tak menjadi polemik di masyarakat.

"Kita tentu tidak ingin tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara terancam karena perbedaan pemahaman. Kita juga tidak ingin dasar negara yang telah diperjuangkan oleh para pendiri republik diselewengkan dan dinafikan," ujarnya. (one)

  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya