Aksi Menyalakan Lilin di Batam Dibubarkan Polisi

Aksi menyalakan lilin di Batam dibubarkan polisi
Sumber :
  • viva.co.id/Berton Siregar

VIVA.co.id – Ribuan warga Batam yang sudah memadati lapangan Well Come Batam (WCB) pada Sabtu 13 Mei 2017 malam untuk melakukan aksi menyalakan lilin sebagai bentuk dukungan kepada Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terpaksa dibubarkan petugas kepolisian. 

TNI AL Berhasil Gagalkan 2 Rombongan Pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia di Batam

Pembubaran ini dianggap kepolisian karena aksi tersebut tidak memiliki izin dan koordinator aksi juga tidak ada yang bisa memberikan jaminan aksi berjalan damai dan lancar. Tentu saja tindakan kepolisian ini sangat disayangkan.

Namun, menurut Wirya P Silalahi, tokoh masyarakat Batam, tak dikantongi izin tersebut karena kepolisian dalam hal ini Polresta Barelang yang terkesan sengaja mengulur-ulur untuk memberikan izin aksi yang telah mereka rencanakan itu.

2 Alasan PDIP Jagokan Ahok Kembali Pimpin Jakarta 2024

“Tolong tuliskan kekecewaan kami terhadap kapolresta Barelang, yang melarang masyarakat menyatakan ekspresi spontanitas cinta NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Wirya.

Menurut Wirya, aksi spontanitas ini memang tidak dikoordinasi oleh siapa pun. Masyarakat hanya ingin menunjukkan ekspresi cinta NKRI, Bhinneka Tunggal Ika dan keadilan dengan bernyanyi lagu kebangsaan serta menyalakan lilin.

Ayu Thalia Tunjukan Bukti Memar Kaki Diduga Dianiaya Nicholas Sean

“Kenapa harus dilarang-larang. Hari Kamis kemarin, mereka (kepolisian) menjanjikan hari Sabtu izin keluar setelah diurus kemarin, dia menundanya lagi Sabtu depan, terlalu lama. Sementara di kota-kota lain, bahkan di luar negeri saja sudah berlangsung," katanya.

Meski sempat adu mulut dengan kepolisian, para peserta aksi akhirnya membubarkan diri karena tak ingin dianggap menyalahi aturan. "Tapi dari hal itulah, kami meragukan nasionalisme pak kapoltabes Barelang tersebut, kami sangat kecewa " kata Wirya.

Buruh di Batam deklarasi dukung Anies Baswedan maju jadi capres 2024.

Dari Batam, Buruh Serukan Dukungan untuk Anies Jadi Presiden RI di 2024

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali dapat dukungan maju jadi bakal capres di Pemilu 2024. Dukungan kali ini disuarakan massa buruh di Kota Batam.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023