Info Mudik

Jalur Sumatera Barat-Riau Masih Normal

VIVAnews - Memasuki H-3 jelang lebaran di Padang Sumatera Barat belum menunjukan peningkatan yang signifikan. Sejumlah terminal bayangan yang biasanya dipadati pemudik ke berbagai daerah tujun di Sumbar terlihat masih normal.

Pantauan VIVAnews ke sejumlah lokasi terminal bayangan di Padang dan sejumlah pool bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), belum terlihat antrian penumpang yang menunggu keberangkatan.

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah

Jalur Sumbar-Riau yang biasanya dipadati pemudik dari dua arah, siang ini, Jumat, 18 September 2009, masih normal tanpa menunjukkan lonjakan yang signifikan.

Dinas Perhubungan Sumbar memprediksi puncak lonjakan pemudik akan terjadi pada hari ini. Hanya saja, puncak pemudik tersebut tidak terlihat di sejumlah terminal bayangan maupun pool bus.

"Belum terjadi lonjakan signifikan dari pemudik yang menggunakan bus hingga saat ini," kata Yanto, agen bus antar kota dalam provinsi, Jumat, 18 September 2009.

Yanto memprediksi, lonjakan pemudik justru terjadi pada H-2 dan H-1 besok. Sebelumnya, pada H-7 hingga saat ini, ujar Yanto,  jumlah pemudik terus meningkat sekitar 25 persen dibanding hari-hari biasa. Hal serupa juga dijumpai di Terminal Regional Bingkuang (TRB).

Karena mengalami kerusakan berat, aktivitas terminal ini terkesan lumpuh dan tidak menunjukkan lonjakan yang berarti meskipun jelang mudik lebaran. Sedangkan jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi menuju ke sejumlah daerah di Sumbar terlihat mulai meningkat.

Di jalur lintas Sumatera Padang-Solok, sudah terlihat lonjakan pengguna jalan dibanding hari-hari biasa. Hal serupa juga terlihat dijalur By Pass. Pemudik menggunakan roda dua dan mobil pribadi mulai terlihat memadati sejumlah jalan menuju luar kota.

"Mulai ramai, tapi masih normal," kata Fitra Heldi (35) salah seorang pemudik yang mengaku akan bertolak menuju Pekanbaru. Saat ini, jalur Sumbar-Riau yang sempat mengalami terban beberapa waktu lalu di kawasan Pangkalan, Kabupaten 50 Kota, sudah kembali normal dan bisa dilalui.

Dinas Perhubungan Sumbar mengingatkan agar pemudik yang melalui jalur tersebut menuju Pekanbaru untuk berhati-hati dengan 20 titik rawan longsor terban di jaur Payakumbuh hingga perbatasan Riau di Pangkalan.

Laporan: Eri Naldi | Padang

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024