Menag Sebut Pemondokan Haji 2017 Hampir Rampung

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti.

VIVA.co.id – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengatakan, sejumlah persiapan untuk penyelenggaraan ibadah haji 2017 telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia. Salah satunya persiapan pemondokan atau penginapan untuk para calon jemaah haji.

Indeks Kepuasan Haji Meningkat, Menag: Ini Keberhasilan Semua Pihak

Lukman mengatakan, untuk hotel tempat penginapan calon jemaah haji asal Indonesia di Mekah sudah disewa seluruhnya. Sementara itu, untuk di Madinah, hotel yang dipesan sudah mencapai 95 persen.

Penyewaan penginapan di Madinah akan rampung pada awal Ramadan ini. "Juga pesawat udara sudah memiliki jadwal sesuai dengan pembagian kloter ke 13 embarkasi yang ada," ujar Lukman, usai diskusi di gedung Stovia Jakarta, Jalan Abdul Rachman Saleh Nomor 26, Senen, Jakarta Pusat, Rabu, 17 Mei 2017.

Menag Minta Santri Jadi Sosok yang Sebarkan Perdamaian

Untuk fokus persiapan ke depan, yakni menyangkut dokumen perjalanan para calon jemaah haji, seperti paspor dan visa haji. "Jadi ke depan kami akan lebih fokus pada penyiapan dokumen perjalanan setiap calon jemaah haji," ujarnya. 

Pemerintah dan DPR menetapkan besaran rata-rata Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun ini Rp34,8 juta. Adapun kuota haji Indonesia tahun ini yaitu 221 ribu jemaah, yang terdiri atas 204 ribu kuota haji reguler dan 17 ribu kuota haji khusus. (art)

Evaluasi Penyelenggaraan Haji 2019, Ini 5 Catatan Menag
Mantan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin usai diperiksa KPK

Mantan Menag Lukman Hakim Diperiksa Terkait Haji dan Gratifikasi

KPK mengembangkan penyelidikan dugaan gratifikasi Menag

img_title
VIVA.co.id
15 November 2019