Ada yang Tahu 29 Mei Hari Apa?

Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Pixabay/ TusitaStudio

VIVA.co.id – Ada yang tahu setiap tanggal 29 Mei diperingati sebagai hari apa?

Harta Kekayaan Elon Musk Lenyap Rp 45 Triliun dalam Sekejap, Ini Penyebabnya

Di Indonesia, sebenarnya setiap tanggal 29 Mei sudah sejak 21 tahun lalu telah ditetapkan sebagai hari khusus bagi para orang lanjut usia.

Tanggal itu dinamai Hari Lanjut Usia Nasional. Namun demikian, pencanangan momen ini tak begitu populer seperti peringatan hari Kartini, Pancasila atau hari nasional lainnya.

Ajang World Water Forum di Bali, BNPT Ikut Dilibatkan untuk Cegah Terorisme

Lalu bagaimana sejarahnya ada Hari Lanjut Usia Nasional.

Mengutip dari akun Twitter resmi milik Kejaksaan Agung, Hari Lanjut Usia Nasional awalnya ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada 29 Mei 1996 di Semarang Jawa Tengah.

Detik-detik Lansia Tewas Tertimpa Atap Ambruk saat Tidur Pulas

Ketika itu, pencanangan ini dimaksudkan untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang masih memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam usia lanjut.

Di kacamata internasional, hari khusus bagi para lansia ini juga telah ditetapkan dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa setiap tanggal 1 Oktober.

Pencanangan itu merujuk pada resolusi Nomor 45/106 Tanggal 14 Desember 1990 Sidang Umum PBB yang merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging (Vienna Plan) yang diputuskan di Wina tahun 1982.

Jadi, sudahkah mengucapkan selamat kepada keluarga di rumah?

Sobat adhyaksa, tahukah kalian bahwa 29 Mei diperingati sbg Hari Lanjut Usia Nasional? Yuk simak sejarahnya. pic.twitter.com/DiBKDwApck

— Kejaksaan RI (@KejaksaanRI) 29 Mei 2017
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya