Puncak Arus Balik

Solo Minta Gerbong Kereta Tambahan

VIVAnews -  Stasiun Balapan Solo memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2009 akan terjadi Minggu, 27 September 2009. Untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang, pihak pengelola stasiun meminta tambahan gerbong kereta.

Kepala Stasiun Balapan Solo, Djuandrie mengatakan, pihak pengelola sudah mengirimkan surat permohonan kepada  manajemen PT Kereta Api (KA) di Bandung mengenai rencana penambahan jumlah gerbong kereta itu.

Menurut rencana gerbong itu akan ditambahkan pada rangkaian kereta api Lodaya jurusan Solo-Bandung dan kereta api bisnis Senja Utama jurusan Solo-Jakarta.

"Jumlah rangkaian gerbong kereta Lodaya pada hari-hari normal biasanya dua kereta eksekutif dan empat kereta bisnis. Sedangkan pada  puncak arus balik Minggu mendatang, jumlahnya ditambah menjadi lima kereta eksekutif dan lima kereta bisnis," kata Djuhandri kepada VIVAnews di Solo, Jumat, 25 September 2009.

Selain kereta Lodaya, kata dia, pemaksimalan jumlah rangkaian gerbong kereta juga dilakukan pada rangkaian kereta bisnis Senja Utama. Jumlah rangkaian kereta bisnis yang melayani jalur Solo-Jakarta ini akan bertambah dari delapan kereta menjadi sembilan kereta. Sehingga jumlah kapasitas penumpang kereta bisnis jurusan Solo-Jakarta itu bertambah dari 512 kursi  menjadi kursi 572.

"Rencana memaksimalkan jumlah lokomotif itu memang masih menunggu keputusan dari direksi di Bandung. Sehingga, pihaknya belum berani menginformasikan kepada masyarakat," ujar Djuhandri.

Bahkan, pihak Stasiun Balapan Solo juga sudah meminta kepada PT KA untuk mengalihkan sementara waktu beberapa gerbong kereta jurusan Bandung-Jakarta seperti kereta api Parahyangan untuk melayani jurusan Solo-Jakarta. Sebab, selama puncak arus balik besok potensi jumlah penumpang dari Solo jumlahnya cukup banyak. "Pihaknya berharap begitu, tetapi itu tergantung keputusan dan kebijakan dari PT KA Pusat," ujar dia.

Sementara itu mengenai penjualan tiket kereta eksekutif, dia mengakui semua tiketnya sudah ludes terjual, baik yang kereta eksekutif reguler maupun ekstra. Bahkan, habisnya tiket keberangkatan kereta eskekutif tanggal 26 – 27 September sudah berlangsung sejak satu bulan lalu.

"Tiket kereta eksekutif tambahan Argolawu Lebaran I dan II juga sudah laris manis. Jadi, jumlah semua kursi kereta eksekutif mencapai untuk puncak arus balik mencapai 1.800 kursi," kata Djuhandri.

Laporan: Fajar Sodiq | Solo

Bumi Resources Minerals Bukukan Pendapatan US$46,63 Juta pada 2023
Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto di acara Musrenbang Jambi 2025

Ketua DPRD Jambi Edi Purwanto Singgung Lahan 3 Ribu Hektare di Musrembang

Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyingung terkait dengan lahan di Sungai Penuh yang bisa dimanfaatkan menjadi lumbung ketahanan pangan. 

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024