Cek Jalur Mudik, Kapolri Peringatkan Dua Hal Penting

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan jalur mudik terutama di Tol Brebes Timur menuju Gringsing Batang, Jawa Tengah, pada Rabu, 7 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id - Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengecek kesiapan jalur mudik terutama di Tol Brebes Timur menuju Gringsing Batang, Jawa Tengah, pada Rabu, 7 Juni 2017. Dia memastikan tol yang akan beroperasi fungsional itu sudah siap menghadapi pemudik.

Jakarta-Semarang Cuma Lima Jam Diklaim Hasil Revolusi Mudik

"Dengan berbagai kesiapan yang ada, mudah-mudahan arus mudik (Tol Brebes-Gringsing) tak terjadi seperti tahun lalu, seperti di Brexit (Tol Brebes Timur exit--pintu keluar)," katanya.

Meski kesiapan arus mudik cukup maksimal, Tito tetap memberikan imbauan kepada masyarakat, khususnya warga yang hendak mudik menggunakan jalur mudik ke wilayah Jawa Tengah.

Tiga Titik Ini Disiapkan untuk Hindari Macet di Tol Cipali

"Pertama, saya imbau masyarakat yang berangkat dari rumah tolong isi penuh bahan bakar. Pokoknya sebelum masuk jalan tol upayakan isi penuh BBM-nya," katanya.

Kedua, Tito mengimbau sebelum berangkat ke kampung halaman, pemudik yang melewati tol fungsional Brebes-Batang bisa menyiapkan logistik, seperti makanan kecil dan minuman. Pemudik juga diminta membawa obat-obatan ringan jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat, yakni kemacetan di ruas tol sementara itu.

Kakorlantas Jamin Horor Brexit Tak Terulang Saat Mudik

"Bawalah obat-obatan ringan seperti flu dan pusing kepala. Upayakan tidak berhenti di pinggir jalan tol tapi di rest area (area beristirahat) yang telah disiapkan," ujarnya. 

Sejauh ini, ada sejumlah? rest area disediakan di dalam ruas tol. Ada tujuh lokasi tempat rest area sementara. Masing-masing di ruas tol Pejagan-Pemalang berada di Kilometer 296A, Kilometer 311A, dan Kilometer 303A. Di ruas Pejagan-Pemalang di Kilometer 341+600A dan Kilometer 367+200A, dan di ruas Batang-Semarang disiapkan di Kilometer 402A dan 448A.

Di rest area itu, selain bisa beristirahat sejenak dan disediakan toilet, pemudik juga bisa mengisi bahan bakar minyak. Pertamina juga menyediakan SPBU kantong yang akan bergerak di sepanjang ruas tol Brebes-Gringsing.

Tol Brebes-Batang nantinya hanya digunakan fungsional selama arus mudik dan balik Lebaran. Kondisi ruas jalan tol berupa perkerasan beton tipis atau lean concrete setebal 10 sentimeter. Ruas fungsional itu hanya dapat dilewati dengan rata-rata kecepatan 40-50 kilometer per jam.

Jalan tol fungsional dipastikan sampai Gringsing di Kabupaten Batang. Dari Gringsing, kendaraan pemudik akan dibawa ke jalan nasional pantai utara Kendal sepanjang 25 kilometer sampai di Kaliwungu. Dari Kaliwungu pemudik bisa kembali melewati tol fungsional Kaliwungu hingga Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya