Ngantuk Saat Mudik, Ini Titik 4 Rest Area Tol Cipali

Rest Area kedua sebelum Gerbang Tol Cikopo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Syahrino Putama

VIVA.co.id – Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) merupakan jalur tol yang cukup panjang untuk dilalui para pemudik, apalagi jalannya sangat lurus. Risiko mengantuk tentu bisa menghambat perjalanan para pemudik.

Menata Hati Sambut Bulan Suci

Tapi ada empat tempat peristirahatan (rest area) sepanjang ruas tol 116,75 kilometer tersebut. Ada dua tipe rest area pada jalur Tol Cipali, yang dikelola oleh PT Lintas Marga Sedaya, ini.

Rest area pertama berada di KM 86, lalu akan ada lagi KM 102, KM 130, dan KM 166. Jarak antar rest area kira-kira 30 KM.

UKP Pancasila Bagi-bagi Penghargaan Mudik Lebaran

Tempat peristirahatan ini dibagi dua tipe. Rest area KM 86 dan KM 130 merupakan tipe B, yang tidak dilengkapi oleh fasilitas SPBU. Sementara rest area 102 dan 166 dilengkapi oleh SPBU.

Jenis rest area tipe B tidak terlalu beda jauh. Terdapat mini market, sejumlah tempat makan, musolah, dan toilet.

Mudik Lebaran 2017, Sebanyak 5,8 Juta Orang Naik Kereta Api

Namun, kapasitas parkiran juga toilet masih cukup kecil untuk menghadapi mudik lebaran nanti. Karena itu, titik rest area ini bisa menimbulkan penumpukan kendaraan.

Untuk rest area KM 102 memiliki luas lebih besar. Parkiran cukup menampung mobil kecil hingga bus. Terdapat restoran waralaba, mini market, ATM, gerai makanan, toilet, dan masjid. Tempat ini cocok untuk beristirahat.

Untuk rest area KM 166 luasnya sedikit lebih kecil dibandingkan KM 102, dan jumlah gerai makanan juga tidak terlalu banyak. Namun, cukup jadi tempat istirahat membuang penat.

Para pemudik dianjurkan untuk menjaga kebersihan rest area dengan tidak membuang sampah sembarangan dan selalu bersih-bersih usai menggunakan toilet.

"Biasanya pas mudik kondisi parah. Kotor sampai tidak bisa dibersihkan, sudah kayak kandang, kotor sekali," ujar petugas kebersihan di rest area KM 102, Rizal.

Selain itu, pemudik juga jangan telalu lama berada di rest area. Sesuai kebutuhan saja agar menghindari penumpukan kendaraan sehingga menimbulkan kemacetan.

Lihat kondisi Rest Area KM 86 Tol Cikopo-Palimanan di video ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya