Kemenag Efisiensi Pemondokan Jemaah Haji Rp74 Miliar

Jemaah haji Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id – Setiap menjelang bulan haji, berbagai pihak terkait khususnya Kementerian Agama RI melakukan ragam proses. Mulai dari proses persiapan hingga mendekati penyelenggaraan nantinya.

Isu Dana Haji Dipakai untuk Bikin Infrastruktur, DPR: Semua Itu Tidak Benar

Sekretaris Jenderal Kemenag Nur Syam mengungkapkan hal penting dan menarik dalam salah satu prosesnya adalah pemondokan calon jemaah haji. Timnya telah bekerja dengan maksimal sehingga menghasilkan efisiensi biaya hingga Rp74 miliar.

Menurutnya, efisiensi ini merupakan angka yang signifikan. "Penting dan menarik, karena tim perumahan kita kemudian bisa melakukan efisiensi kurang lebih Rp74 miliar, ini cukup signifikan," kata Nur di Jakarta Utara, Senin 12 Juni 2017.

Jokowi Ingatkan BPKH agar Hati-hati Kelola Dana Haji yang Besar

Meski begitu, Nur menegaskan, efisiensi biaya yang dialami tak akan mengurangi kualitas pemondokan jemaah haji nantinya. Pihaknya tetap melakukan standarisasi pemondokan yang telah dibakukan.

"Harapannya justru, mudah-mudahan upaya yang telah dilakukan selama ini lalu pelayanan jemaah haji kita makin bagus," ujarnya.

Polemik Kenaikan Biaya Haji, Fahri Hamzah Minta Pemerintah Ubah Mindset

Sementara, Nur menjelaskan, terkait pemondokan itu akan alami pembaharuan seiring dengan perluasan pemondokan di Arab Saudi. Sehingga diperkirakan segala fasilitas yang didapat pemondokan atau hotel baru setara dengan bintang tiga.

YouTuber Palestina, Oday Al Akhras dan Istri

Cerita Pilu Istri dari YouTuber Palestina, Lebaran Malah Jadi Tahanan Kota

Untuk pertama kalinya dalam hidupnya, istri Youtuber tersebut harus menjalani bulan Ramadhan dan Idul Fitri tanpa kebebasan untuk bepergian ke mana pun yang diinginkannya

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024