Presiden Jokowi Bayar Zakat Rp45 Juta

Presiden Jokowi saat membayar zakat, di Istana Negara, Rabu 14 Juni 2017.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Agus Rahmat.

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla membayar zakat melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), di Istana Negara, Rabu, 14 Juni 2017. Tercatat, Presiden Jokowi membayar untuk zakat sebesar Rp45 juta.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Pembayaran dilakukan dalam acara Penyerahan Zakat Kepada Badan Amil Zakat Nasional 2017 dan Peluncuran Pembayaran Zakat Melalui Agen Laku Pandai di Istana Negara. Didampingi Ketua Baznas Bambang Sudibyo, Jokowi yang mengenakan kemeja putih langsung menuju loket pembayaran.

Segepok uang yang dimasukkan ke dalam amplop cokelat, diserahkan langsung oleh Jokowi ke petugas Baznas. Setelah itu, pelayan menghitung jumlah uang itu. Setelah selesai, diberikan tanda bukti pembayaran kepada Presiden Jokowi. Sebelum meninggalkan loket pembayaran, petugas mendoakan Jokowi.

Gus Miftah Curiga Jokowi Pilih Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Karena Lucu, Bukan Prestasi

Selain Jokowi, terlihat Wakil Presiden Jusuf Kalla juga membayar zakat. Sejumlah menteri Kabinet Kerja seperti Mensesneg Pratikno, Seskab Pramono Anung, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Jaksa Agung M. Prasetyo dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, juga melakukan pembayaran zakat.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Bambang Sudibyo mengatakan pembayaran zakat secara nasional di Istana Negara juga diikuti oleh 13 gubernur. Seperti Jawa Barat, Banten, Sumatera Barat, Lampung, Jambi, Kalimantan Timur dan NTB.

Jokowi Tegaskan Freeport Bukan Milik Amerika Lagi, tapi Indonesia

"Maka dengan menunaikan zakat maka sila (lima sila dalam Pancasila) dilaksanakan dengan nyata sekaligus," kata Bambang.  

Dalam Alquran, lanjut Bambang, juga disebutkan puluhan kali perintah mendirikan salat yang diikuti oleh zakat.

"Kesalehan religius harus berbuah kesalehan sosial," kata Bambang. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya