Gereja Katedral Ungkap Alasan Ubah Jadwal Misa demi Salat Id

Gereja Katedral Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Riska Herliafifah

VIVA.co.id - Gereja Katedral mengubah jadwal misa pada Minggu, 25 Juni 2017, demi memberikan kesempatan bagi umat Islam melaksanakan salat id atau Idul Fitri pada hari itu.

Alasan Untung Cahyono Ungkit Pemilu Curang di Khutbah Id: Jamaah Pulang Mungkin Kebelet Pipis

Jadwal ibadah umat Katolik di gereja itu pada pagi diubah lebih siang dari biasanya, yakni pukul 10.00 WIB dan 12.00 WIB. Normalnya waktu misa Minggu pagi di gereja yang berada di seberang Masjid Istiqlal di Jakarta Pusat itu dimulai pukul 06.00, 07.30, 09.00, dan 11.00 WIB.

Keuskupan Agung Jakarta mengonfirmasi perubahan waktu misa pada Minggu pagi itu agar halaman Gereja Katedral dapat dipakai untuk melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal.

Untung Cahyono, Penceramah Salat Id yang Materinya Singgung Politik hingga Bikin Jemaah Bubar

"Kami memahami umat muslim hanya ada satu waktu serentak untuk salat Id. Sedangkan misa bisa menyesuaikan diri karena ada beberapa kali dalam hari Minggu," kata Pastor Kepala Paroki Gereja Katedral Jakarta, A Hani Rudi Hartoko, kepada VIVA.co.id pada Minggu, 18 Juni 2017.

Sebagai umat beragama, kata Romo Hani, harus saling menghormati terhadap muslim yang akan melaksanakan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal. Bahkan, pengelola menyediakan halaman Gereja Katedral untuk tempat parkir bagi jemaah salat Id.

Ceramah Khatib Soroti Kecurangan Pemilu Picu Jemaah Bubar, Panitia Shalat Id di Bantul Minta Maaf

"Bertetangga yang baik dan tulus sebagai sesama anak bangsa dan tetangga. Untuk saling menghormati dan ikut bergembira di hari raya yang fitri," ujarnya.

Romo Hani menjelaskan, perubahan jadwal ibadah misa itu atas kesepakatannya bersama Dewan Paroki Gereja Katedral. Biasanya, ibadah misa sebanyak enam kali, yaitu pada pukul 06.00 WIB, 07.30 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 17.00 WIB, dan 19.00 WIB. "Khusus tanggal 25 Juni hanya empat kali," ujarnya.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri di Mapolda Papua

4 Potret Adem Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri setelah Mualaf

Kapolda Papua Inspektur Jenderal (Irjen) Mathius D Fakhiri terlihat cukup aktif mengikuti kegiatan keagamaan bersama umat Muslim setelah dirinya resmi memeluk agama Islam

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024