Tiga Sandaran Dermaga Merak Rusak, Perbaikan Dikebut

Kapal Port Link III menabrak sandaran Dermaga III Pelabuhan Merak.
Sumber :
  • Yandi Deslatama (Banten)

VIVA.co.id – Kapal Port Link III yang menabrak Dermaga III Pelabuhan Merak kini sedang diperiksa oleh Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merak.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

"Untuk kerusakan kapal, masih dalam pemeriksaan Syahbandar. Kapal sudah kami perintahkan keluar lintasan," kata Harno Trimasi, Kepala Otoritas Pelabuhan dan Penyeberangan (OPP) Merak, Senin 26 Juni 2017.

Harno menjelaskan, puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada Jumat 30 Juni 2017. PT ASDP Merak bertanggung jawab untuk menjamin kelancarannya.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

"Pihak ASDP berjanji, hari Kamis perbaikan selesai. Karena, prediksi kami puncak arus balik terjadi pada Jumat malam," tuturnya.

Untuk sementara waktu, guna mencegah penumpukan pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, kapal Ro-Ro berukuran kecil dioperasikan terlebih dahulu.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

"Kami operasikan kapal-kapal kecil di dermaga tiga, yang cukup dengan lima fender untuk sandar. Dari 10 fender, tiga fender jatuh dan rusak (akibat ditabrak kapal Port Link III)," jelasnya.

Pelabuhan Merak

Baru 79 Persen Pemudik yang Kembali Menyebrang dari Sumatera ke Jawa

Pemudik yang sudah kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa terhitung antara 11-16 April 2024 belum sepenuhnya kembali. Baru sekitar 79 persen atau sekitar 656.622 orang

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024