Mensos Paparkan Makna Idul Fitri pada Tokoh Kristen

Mensos Khofifah Indar Parawansa saat menggelar open house di Surabaya.
Sumber :
  • Nur Faishal (Surabaya)

VIVA.co.id – Hari Raya Idul Fitri biasanya diwarnai dengan tradisi saling bersalaman. Gambar dan ilustrasi dua orang saling berjabat tangan sudah lazim terjadi saat lebaran. Banyak orang memaknai itu secara sederhana, yakni saling bermaaf-maafan.

Gerindra Hanya Rekom Khofifah sebagai Cagub Jatim, Emil Tak Pasti jadi Cawagub

Menurut Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa, salaman mengandung substansi lebih dari sekadar bermaaf-maafan. Menurutnya, hal itu harus dimaknai secara progresif sebagai semangat untuk membangun perdamaian dan kasih sayang.

"Substabsi salaman adalah membangun perdamaian," kata Khofifah seusai menerima tamu beberapa pendeta dari Badan Musyawarah Antar Gereja atau Bamag Nasional di Surabaya, Jawa Timur, Senin 26 Juni 2017.

Khofifah: Kita Doakan Oktober Mendatang Presiden ke-8 Prabowo Dilantik

Ia mengatakan, pemahaman tentang makna Idul Fitri itu perlu direvitalisasi, sehingga substansinya tidak tercerabut. "Kalau bangunan kasih sayang direvitalisasi saat Idul Fitri, bukankah itu yang diharapkan. Islam yang penuh damai dan Islam rahmatan lil alamin," ujarnya.

Dengan substansi seperti itu, lanjut Ketua Umum Muslimat NU itu, Idul Fitri tidak hanya dirasakan oleh umat Islam saja, tetapi juga akan dirasakan oleh non-muslim. "Karena itu, saat open house di Jakarta kemarin, banyak tokoh dan warga non-muslim yang juga datang ke rumah saya," tuturnya.

Khofifah: Anggota KPPS Pejuang Demokrasi, Berkat Mereka Pemilu Sukses

Ketua rombongan Bamag Nasional, Agus Susanto, mengatakan, pihaknya datang bersilaturrahim ke rumah Khofifah pada lebaran kali ini sebagai perwakilan dari umat Kristen Indonesia. "Bersilaturrahim itu tidak memandang siapa kepada siapa, baik dari Muslim kepada umat Kristen, atau sebaliknya," ungkap Agus.

Agus mengaku sudah lama membangun hubungan baik dengan Khofifah, dalam konteks kerukunan antarumat beragama. "Kami umat Kristen akan bergandengan tangan erat dengan umat Islam, ke depan untuk membangun Indonesia yang satu, Indonesia yang bersama-sama merasakan kemakmuran," jelasnya.

Pemabaran hasil survei ARCI soal Pilgub Jatim 2024 di Surabaya.

Simulasi 3 Nama Pilgub Jatim Versi ARCI: Khofifah Unggul, Dibayangi Cak Imin dan Risma

Berdasarkan popularitas figur, Khofifah juga unggul.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024