Ratusan Ribu Mobil Tinggalkan Jakarta pada H+2 Lebaran

Antrean kendaraan di gerbang tol Cikarang Utama.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Pada H+1 dan H+2 Idul Fitri 1438 H yang jatuh pada Minggu 25 Juni dan Senin 26 Juni, tercatat total 191 ribu kendaraan meninggalkan Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Kecelakaan Beruntun di GT Halim Ternyata Libatkan 7 Kendaraan, 3 Gardu Ditutup Sementara

Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru Santoso, mengungkapkan pada Minggu 25 Juni lalu, yang melewati GT Cikarang Utama mencapai 105 ribu kendaraan. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 59 persen dari total Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) Normal sebanyak 66 ribu kendaraan.

Sedangkan untuk 86 ribu kendaraan lainnya melewati GT Cikarang Utama pada hari Senin 26 Juni. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 9 persen dari total Lalulintas Harian Rata-Rata (LHR) Normal sebanyak 79 ribu kendaraan.

INFOGRAFIK: Jalan Tol Gratis Mudik Lebaran 2024

"Jasa Marga prediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari Jumat 30 Juni dengan volume lalin mencapai 110 ribu kendaraan atau meningkat 40,6 persen dibanding LHR Normal yang mencapai 78 ribu kendaraan," kata Heru dalam keterangan tertulisnya, Selasa 27 Juni 2017.

Ia mengimbau kepada pengguna jalan untuk dapat mengatur perjalanan kembali ke Jakarta agar tidak menumpuk di akhir pekan, misalnya dengan pulang lebih awal di pertengahan minggu ini sebelum tanggal 29 Juni 2017. "Partisipasi aktif dari pengguna jalan tol dapat mewujudkan arus balik yang nyaman dan aman," katanya.

Menteri Muhadjir Blak-blakan soal Tol Gratis dan Diskon saat Mudik Lebaran

Mengenai jumlah arus balik, ia memprediksikan baru akan terjadi pada Rabu 28 Juni esok. "Sebab biasanya hingga H+2 warga masih merayakan Lebaran di kampung halamannya," ujarnya. (ren)
 

Tol Cikupa Tangerang-Merak

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Berbagai persiapan dilakukan operator Jalan Tol Tangerang Merak untuk menyambut 3,5 juta kendaraan yang mudik Lebaran Hari Raya Idul Fitri 2024. Jumlah tersebut naik 3,6

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024