538 Ribu Pemudik Sudah Balik di Stasiun Pasar Senen

Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • Bayu Nugraha / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Para pemudik pengguna kereta api mulai memadati Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Jumlah pemudik pada H+5 di dua stasiun relatif berbeda yang lebih banyak di Stasiun Pasar Senen.

Geger Pria Sukabumi Jatuh Tergeletak Tewas di Terminal Senen

Dari data PT KAI, jumlah pemudik pada H+5 hingga pukul 06.00 WIB pagi tadi mencapai 24.655 penumpang.

"Hari ini jumlah penumpang yang turun (arus balik) di stasiun pasar Senen berjumlah hingga pukul 06.00 berjumlah 24.655 penumpang," kata Senior Manajer Humas PT KAI DAOP 1 Jakarta Suprapto, Jumat, 30 Juni 2017.

Tinjau Stasiun Pasar Senen, Said Aqil Siradj: 90-an Kotor dan Kumuh

Menurut dia, gelombang arus balik Lebaran kereta api sudah mulai terjadi pada H+2 atau 27 Juni 2017. Saat itu 21.353 penumpang tiba di stasiun Pasar Senen. Sementara untuk data akumulatif dari H+1 sampai hari ini H+5, total sebanyak 538.812 penumpang sudah tiba di stasiun itu.

Hingga H+5, stasiun Pasar Senen ini juga masih di pedati pemudik yang baru mudik ke kampung halaman. Hal ini terlihat pada antrean di lobi stasiun.

Tes GeNose Dimulai Hari Ini di Stasiun Pasar Senen, Penumpang Antusias

"Untuk penumpang yang naik (arus mudik) dari Stasiun Pasar Senen berjumlah 23.112 penumpang," tuturnya.

Untuk melayani pemudik dan arus balik Idul Fitri, PT KAI telah menyiapkan 12 kereta tambahan dari stasiun Pasar Senen. Kereta api tersebut diantaranya Kertajaya Lebaran, Mataram Premium, Brantas Lebaran, Matarmaja Lebaran, Kutojaya Utara Tambahan, Kutojaya Utara Lebaran. Selain itu, ada Tawang Jaya Lebaran, Tawang Jaya Premium, GBMS Premium, Mantab Premium, Argo Parahyangan Tambahan dan Fajar Utama Cirebon.

Berbeda dengan stasiun Pasar Senen, jumlah arus balik di stasiun Gambir lebih sedikit. Sebab, stasiun Gambir hanya melayani kereta kelas bisnis dan eksekutif.

Jumlah arus balik penumpang di stasiun Senen lebih besar karena kereta kelas ekonomi dengan jumlah lebih banyak tersedia di stasiun itu.

"Pada H+5 hingga pukul 08.00 pagi tadi 452.236 pemudik telah kembali ke Jakarta melalui stasiun Gambir," tuturnya.

Tak hanya itu, stasiun Gambir juga masih dipadati oleh pemudik yang akan meninggalkan Jakarta. "Untuk yang naik (Arus Mudik) dari Stasiun Gambir 11.484 penumpang hari ini," ujarnya.

Untuk melayani arus mudik dan arus balik sejak jauh hari PT KAI telah menyiapkan 12 kereta tambahan di Stasiun Gambir. Kereta tambahan tersebut diantaranya KA Argo Muria Lebaran, Argo Sindoro Lebaran, Gajayana Lebaran, Sembrani Lebaran, Taksaka Lebaran, Taksaka Lebaran, Purwojaya Lebaran, Argo Parahyangan Tambahan, Argo Dwipangga Fakultatif, Argo Jati Fakultatif, Cirebon Ekspres Fakultatif dan Argo Lawu Fakultatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya