Ini Titik Terpadat Puncak Arus Balik Mudik 2017

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Pius Yosep Mali

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan, hari ini adalah puncak arus balik untuk sektor transportasi darat, udara serta kereta api. Dalam evaluasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan selama ini, menurutnya penyelenggaraan angkutan lebaran berjalan dengan relatif baik.

Kemenhub Prediksi 23 Juni Puncak Arus Balik Angkutan Umum

"Namun demikian kami masih menyisakan dua hari. Hari ini dan besok. Di mana hari ini adalah puncak mudik," kata Budi saat ditemui di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Sabtu 1 Juli 2017. 

Setelah melakukan beberapa evaluasi, Budi pun mengungkapkan, ada beberapa titik yang akan menjadi fokus pemantauan bagi Kementerian Perhubungan. Konsentrasi kendaraan yang menjadi perhatian khusus ada pada Jalur Nagreg, Jalan Tol Cikampek-Jakarta KM 66, Pelabuhan Bakauheni dan Pelabuhan Gilimanuk. 

Wakapolri: Puncak Balik Lebaran Terbagi Tiga Gelombang

"Kita sedang bahu membahu menyelesaikan beberapa masalah terutama di beberapa titik, di Nagreg, di (Tol Cikampek-Jakarta) KM 66, Bakauheni dan di Gilimanuk, itu beberapa titik (yang menjadi fokus)," kata Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu. 

Ia pun mengatakan, sejumlah rekayasa lalu lintas seperti contra flow akan dilakukan di jalur Nagreg. Kendaraan arus mudik menjadi satu arah dari timur ke barat. 

Puncak Arus Balik Bandara Soetta Diperkirakan Malam Ini

"Terkait hal ini kami sudah memberikan imbauan, tapi melalui kadishub," ujar dia. 

Sementara itu, untuk jalan tol Cikampek-Jakarta KM 66 juga diprediksi akan menjadi titik terpadat. Karena titik itu merupakan pertemuan antara Tol Cileunyi dan Cikopo-Palimanan. 

"Tentunya kita harus memanage lalu lintas itu dengan suatu volume yang memadai walaupun secara utama kita sudah siapkan gerbangnya menjadi 31," ujarnya. 

Sedangkan untuk puncak arus balik di Pelabuhan Bakauheni, diyakininya tidak akan mengalami permasalahan yang berarti. Hanya ada sedikit peningkatan volume kendaraan yang diklaimnya dapat ditangani dengan baik.

"Sejauh ini Bakauheni tidak ada masalah, hanya volumenya meningkat jadi kita harus seksama mengatur jadwal. Mengatur security, safety dan level of services dengan baik," katanya. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya