Pantura Padat, Pintu Tol Gringsing Dibuat Contraflow

Lalu lintas di jalan Pantura dan pintu tol Gringsing
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dwi Royanto

VIVA.co.id – Lalu lintas arus balik Lebaran di wilayah Pantura Jawa Tengah hingga pintu masuk tol Gringsing terpantau padat merayap pada Sabtu, 1 Juni 2017. Petugas kepolisian bahkan memberlakukan sistem contraflow untuk mengurai kemacetan.

Macet 2 Km di Jalan Tol, Siap-siap Bakal Ada Contra Flow 

Sitem contraflow diberlakukan polisi dari arah timur Pantura menuju barat hingga masuk ke tol darurat Gringsing-Batang. Selain contraflow, polisi juga melakukan buka tutup jalan.

"Siang hingga sore ini intensitas kendaraan yang melalui Tol Gringsing ataupun Pantura bertambah padat," kata Alex, salah seorang pemudik asal Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2017.

Ini Jalalan Bebas Macet untuk Mudik Lebaran

Kepadatan jalan Pantura Semarang-Kendal hingga Gringsing terjadi sejak Jumat malam, 30 Juni 2017. Kepala Humas Jasa Marga Semarang-Batang, Iwan Abrianto mengatakan, puncak pertama arus balik pemudik di ruas tol darurat Gringsing-Brebes serta jalur utama Pantura Jawa Tengah memang sudah terjadi.

"Ini dikarenakan adanya lonjakan arus balik yang telah memasuki tahap puncak pertama. Perkiraan kami puncaknya Jumat dan Sabtu hingga Minggu ini," kata Iwan.

Angkutan Pantura Aman jika Berstiker 'Sakram' Komplotan Iman

Pada Jumat malam, lalu lintas Pantura sempat macet. Sumber kemacetan akibat kendaraan bus serta adanya simpul bottleneck di jalur lingkar Weleri Kabupaten Kendal. Petugas kepolisian bahkan telah memberlakukan sistem contraflow dengan membuka tiga jalur menuju arah Jakarta di jalan Pantura Semarang-Kendal menuju pintu tol Gringsing.

"Sejumlah rest area di tol darurat hingga tengah malam tadi juga terpantau padat. Namun tidak terjadi kemacetan di tol darurat," ujar Iwan.

Pemudik motor Kamis malam 30 Mei 2019.

Jalur Pantura Sudah Dipenuhi Motor Pemudik

Di ruas tol juga padat.

img_title
VIVA.co.id
31 Mei 2019